Peristiwa - Daerah

PT BSI Bersama PMI Banyuwangi Gelar Operasi Katarak Gratis

PT BSI Bersama PMI Banyuwangi Gelar Operasi Katarak Gratis Pelayanan Kesehatan Mata Gratis oleh PMI Banyuwangi dan PT BSI. (Foto: Agung Sedana/ TIMES Indonesia)
Selasa, 17 September 2019 - 14:16

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – PT Bumi Suksesindo (PT BSI) ikut berkontribusi dalam pelayanan Kesehatan Mata Gratis yang diselenggarakan Palang Merah Indonesia (PMI) Banyuwangi, bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dan John Fawcett Foundation (JFF). PT BSI menjadi salah satu sponsor utama kegiatan sosial kemanusiaan ini, Selasa (17/9/2019).

Direktur PT BSI, Cahyono Seto, menegaskan bahwa dukungan pihaknya pada kegiatan ini sejalan dengan kebijakan sosial BSI di bidang kesehatan, yaitu turut serta dalam upaya peningkatan kesehatan masyarakat. "Bidang kesehatan masyarakat merupakan salah satu fokus program sosial kami, selain pendidikan, pemberdayaan ekonomi, dan infrastruktur publik," jelasnya.

Operasi-Katarak-Gratis-8.jpg

Selain dukungan terhadap penyelenggaraan kegiatan, PT BSI bekerja sama dengan Puskesmas Pesanggaran juga memfasilitasi warga Pesanggaran yang ikut serta dalam kegiatan ini. Dari data yang diterima, ada 21 peserta dari Pesanggaran yang terdaftar. "Untuk warga Ring 1, kami bekerja sama dengan pihak Puskesmas memfasilitasi keikutsertaan mereka," imbuh Seto.

Dalam kegiatan ini, panitia menargetkan akan melakukan pemeriksaan mata secara maraton terhadap 2.000 orang, pengobatan mata terhadap 800 orang, pemberian kacamata sebanyak 1.500 pasang, operasi mata katarak gratis untuk 300 orang, dan pemberian bola mata palsu untuk 20 orang.

Peserta dari Pesanggaran yang didominasi para petani ini berangkat bersama menggunakan sebuah bus. Setelah kegiatan, diharapkan keluhan matanya dapat disembuhkan, sehingga dapat beraktifitas kembali dengan normal.

"Kami sangat mendukung upaya pemerintah Banyuwangi dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakatnya, terlebih bagi mereka yang kurang mampu," kata Direktur PT Bumi Suksesindo (BSI), Cahyono Seto kepada TIMES Indonesia.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widyatmoko mengapresiasi komitmen yang telah diambil perusahaan tambang emas tersebut. Menurutnya, pada tahun ini acara serupa telah digelar sebanyak 2 kali di Bumi Blambangan ini. Dimana, pada acara yang kedua ini, PT BSI berperan besar dalam menyukseskan kegiatan dari sisi bantuan anggaran.

Sontak, ribuan masyarakat Banyuwangi pun memadati posko PMI tersebut. "Ada dari kecamatan Kalibaru, Wongsorejo, Bangorejo dan Kecamatan lainnya. Bahkan, biasanya dari Kabupaten tetangga pun ikut hadir, seperti dari Jember dan Bondowoso," katanya.

Kegiatan pelayanan Kesehatan Mata Gratis yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi melalui Palang Merah Indonesia (PMI) tersebut bakal diselenggarakan untuk 5 hari kedepan. PT BSI menjadi donatur utama dalam kegiatan sosial tersebut. (*)

Jurnalis : Agung Sedana
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Banyuwangi

Komentar

Registration