Peristiwa - Daerah

59 Naker Ring 1 Ikuti Pelatihan K3 Pembangunan Kilang GRR Tuban

59 Naker Ring 1 Ikuti Pelatihan K3 Pembangunan Kilang GRR Tuban Pembukaan pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) untuk proyek pembangunan kilang Grass Root Refinery (GRR) Tuban di Balai Latihan Kerja Indonesia (BLKI) Tuban, Selasa, (17/09/2019) (FOTO: Achmad Choirudin/TIMES Indonesia)
Selasa, 17 September 2019 - 12:36

TIMESINDONESIA, TUBAN – Sebanyak 59 Tenaga Kerja (Naker) dari ring satu mengikuti pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) untuk proyek pembangunan kilang Grass Root Refinery (GRR) Tuban di Balai Latihan Kerja  Indonesia (BLKI) Tuban, Selasa, (17/09/2019).

Kegiatan pelatihan Naker pembangunan Kilang Tuban tahap ke dua tersebut, dibuka secara langsung oleh Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein. Hadir pula Forkopimca Kecamatan Jenu dan GRR Tuban yang diwakili Vice President (VP) Project HSSE MP2 Pertamina, Sahadi.

"Setelah ada sebanyak 111 Naker lokal yang ikut pelatihan tahap pertama Maret lalu. Sekarang kita lanjut pelatihan tahap 2 yang diikuti 59 pekerja yang semuanya warga ring 1 yaitu Wadung, Mentoso dan Sumurgeneng," papar Sahadi.

Disampaikan Sahadi, Naker yang mengikuti pelatihan K3 ini nantinya akan bekerja diawal proyek pembangunan kilang GRR sebagai Land Clearing (pembersihan lahan). "Total nantinya ada sebanyak 250 pekerja Land Clearing. Dan semuanya kita utamakan warga lokal atau ring 1," bebernya.

 Sahadi menambahkan, proses pengerjaan pembersihan lahan ini dijadwalkan berlangsung selama sembilan bulan atau hingga Mei 2020 dengan total 250 pekerja. "Untuk saat ini memang baru ada 170 pekerja. Dan untuk selebihnya akan kita cari lagi untuk kemudian mengikuti pelatihan di tahap 3," tambahnya.

Sahadi juga menegaskan, dalam pemgerjaan Land Cleaning ini pihak GRR akan sangat mengutamakan warga lokal. Termasuk juga saat mulai pengerjaan kontruksi nanti.

"Tenaga kerja lokal tetap menjadi perhatian utama kami," tegasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein, mengapresiasi ihtikad baik dari GRR Tuban dalam menyerap Naker lokal dan memberikan pelatihan K3 untuk pembangunan Kilang GRR Tuban.

"Saya pesan agar para Naker bisa menjalankan tugas dan pekerjaannya dengan baik sesuai K3," kata Wabup.

Wabup mengatakan, untuk pekerja dalam awal pembangunan proyek kilang yang kategorinya biasa agar mengutamakan warga sekitar. "Untuk Naker yang Land Cleaning ini saya minta warga setempat," tegasnya.

Dan sebagai jaminan agar ada pelibatan warga lokal dalam pembangunan proyek kilang Tuban. Pemkab juga sudah ada MOU agar mendidik dan melatih warga supaya mereka bisa ikut dalam pelaksanaan mega proyek kilang Nasional ini.

Dihadapan para pekerja, Wabup juga menyampaikan bahwa pembangunan Kilang GRR Tuban ini merupakan proyek strategis Nasional. Yang tujuannya jelas yaitu untuk Meningkatkan kesehjahteraan masyarakat. (*)

Jurnalis : Achmad Choirudin
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Tuban

Komentar

Registration