Ketahanan Informasi Ketahanan Informasi Pendidikan

Mantap, UMG Pertahankan ISO 9001:2015

Mantap, UMG Pertahankan ISO 9001:2015 Kepala Badan Penjaminan Mutu UMG, Slamet Asari, menerima Sertifikat ISO 9001:2015 dari NQA, Kamis, (5/9/2019) lalu. (FOTO: Humas UMG - Abdurrahman Faris/AJP TIMES Indonesia)
Senin, 16 September 2019 - 20:57

TIMESINDONESIA, GRESIK – Prestasi kembali diukir Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG), Jawa Timur, sukses mempertahankan sertifikasi manajemen mutu ISO 9001:2015. Sertifikasi manajemen mutu ISO 9001:2015, bahkan telah resmi diterima pada Kamis, (5/9/2019) lalu.

"Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk mencapai sertifikasi yang berguna untuk penjaminan mutu sebuah kampus sampai tingkat internasional,” kata Slamet Asari, Kepala Badan Penjaminan Mutu UMG, Senin, (16/9/2019).

Asari menjelaskan untuk meraih sertifikasi manajemen mutu ISO 9001:2015 ini, ada beberapa hal yang harus dipenuhi tersebut mulai dari proses akademik hingga layanan non-akademik.

"Tidak hanya pemenuhan standar akademik, tapi menyiapkan tim yang solid agar semua pekerjaan yang dijalankan berjalan sesuai standar juga harus dipenuhi," ujarnya.

Lebih lanjut, Ia menyebut, fokus audit tahun ini, ditujukan pada inovasi berkelanjutan dalam sebuah institusi kampus. Apalagi untuk universitas seperti UMG maka inovasi harus terus muncul seiring dengan perkembangan teknologi.

Menurut Asari, salah satu poin penting dalam penilaian kali ini adalah pelayanan pelanggan. Sebuah instansi kampus dituntut bisa melakukan pelayanan yang baik dan sesuai standar jika ingin meraih sertifikasi penjaminan mutu.

"UMG sendiri sudah mulai menjalankan kaidah sistem manajemen mutu untuk menjalankan aktivitas kampus sejak lima tahun yang lalu," tuturnya.

Sertifikat-ISO-UMG-2.jpg

Ia menjelaskan di tahun 2015 Universitas Muhammadiyah Gresik Indonesia berhasil meraih sertifikasi ISO 9001:2015 untuk kali pertama dan berhasil dipertahankan hingga saat ini.

Untuk diketahui, ISO 9001:2015 merupakan pembuktian jika sebuah kampus tak hanya berhasil dalam menjalankan SOP manajemen, tetapi meliputi pula segi pengerjaan aktivitas akademik, pelayanan pelanggan, dan sejumlah standar yang sudah ditentukan.

UMG berhasil mempertahankan sertifikasi penjaminan mutu ini tanpa ada kesalahan minor maupun mayor. Tidak ditemukannya masalah tentu saja merupakan hasil dari usaha yang telah dilakukan sebelumnya.

"Kita mulai berbenah untuk pemberkasan dokumen, proses monitoring di internal, pengelolaan tim, source code, hak kekayaan internal, dan yang terpenting adalah menjamin kepuasan pelanggan dan menjaga kolaborasi tim," ujarnya lagi.

Sementara itu, Khoirul Anwar, Wakil Rektor I UMG, mengaku bersyukur bisa mempertahankan ISO. Menurutnya, sertifikasi ini membuat UMG setara dengan kampus yang sudah berkembang lebih dahulu.

"Harapannya, setelah adanya sertifikasi ini, UMG bisa memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggannya. ISO 9001:2015 adalah upaya dalam menjaga kepercayaan dan kepuasan pelanggan hingga bisa memenuhi ekspektasi pelanggan," ucap Khoirul Anwar.

Hasil audit tahun ini membuktikan jika dalam proses kerja yang dilakukan di internal UMG, yang meliputi siklus manajemen bisnis dari fase pra-project hingga delivery dan maintenance telah sesuai dengan standardisasi manajemen mutu yang disandang UMG.

Khoirul Anwar menyebut, hasil audit sertifikasi ISO 9001:2015 ini, UMG semakin menunjukan komitmen untuk selalu mengedepankan pelayanan, kepuasan pelanggan dan menjaga kepercayaan pelanggannya. (*)

Jurnalis : Abdurrahman Faris (CR-094)
Editor : AJP-4 Editor Team
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

Komentar

Registration