Politik

Berpotensi Coblos Gambar Kosong, Panitia Pilkades Ubah Desain Surat Suara

Senin, 16 September 2019 - 22:21 | 466.92k
Specimen surat suara Pilkades Desa Gerajagan, Purwoharjo. (FOTO: Istimewa)
Specimen surat suara Pilkades Desa Gerajagan, Purwoharjo. (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Karena dinilai memberikan peluang warga untuk mencoblos gambar kosong, panitia Pilkades Desa Gerajagan, Kecamatan Purwoharjo, Banyuwangi, mengubah desain surat suara yang disosialisasikan oleh Panitia Kabupaten.

"Calon Kades kami ada 4 orang, jika kami membuat surat suara seperti yang disosialisasikan panitia kabupaten, akan memberi peluang warga yang tidak suka dengan keempat orang tersebut untuk mencoblos gambar kosong. Karena setelah kolom nomor empat, ada kolom kosong yang di warna hitam," terang Kartono, Ketua BPD Desa Gerajagan, Senin (16/9/2019).

surat-suara-2.jpg

Kartono menyampaikan, selaku pengawas Pilkades, awalnya surat suara yang dari panitia kabupaten kita sosialisasikan pada keempat calon. Dari hasil rembug itu akhirnya disepakati untuk merubah desain surat suara.

"Keempat calon di desa kami tidak setuju dengan desain itu. Mereka ingin surst suara disesuaikan dengan jumlah calon. Selanjutnya, kita buat berita acara yang ditanda tangani oleh semua calon," jelasnya.

Alasan yang sama juga ungkapkan oleh Agus Khoeroni, Ketua BPD Plampangrejo, Kecamatan Cluring. Pengambilan kesepakatan untuk merubah desain surat suara tersebut dilakukan oleh BPD, Panitia dan keempat calon. 

"Tujuan kami yaitu ingin Pilkades ini berjalan sukses tanpa hambatan. Selain agar seperti surat suara pada umumnya, desain surat suara ini sepakat kami ubah supaya tidak ada masalah dikemudian hari. Dan menurut kami, desain surat suara yang dari panitia kabupaten itu memberi peluang kepada warga yang mempunyai niat untuk merusak surat suara" terangnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Banyuwangi

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES