Ketahanan Informasi Ketahanan Informasi Pendidikan

ITNY Gelar Seminar Nasional Bertema Jalan Tol

ITNY Gelar Seminar Nasional Bertema Jalan Tol Suasana Seminar Nasional yang digelar oleh Program Studi Teknik Sipil ITNY di Hotel Sahid Raya Babarsari, Depok, Sleman, Yogyakarta. (FOTO: ITNY/TIMES Indonesia)
Senin, 16 September 2019 - 18:42

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Kepedulian Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY), sebelumnya STTNAS, terhadap berbagai persoalan yang ada di Indonesia tak diragukan lagi. Termasuk mengenai transportasi dan infrastruktur jalan tol. Nah, sebagai wujud kepedulian tersebut, Program Studi Teknik Sipil ITNY menggelar seminar nasional.

Seminar yang dipusatkan di Hotel Sahid Raya Babarsari, Depok, Sleman, Yogyakarta bertema Stategi Pembangunan Infrastruktur Jalan Tol dalam Upaya Menuju Indonesia Emas. Hadir sebagai keynote speaker yaitu Kepala Badan Pengawasan Jalan Tol (BPJT) Prof Dr Danang Perikesit dan Sekjen Kementerian PUPR Periode 1998-2001 Ir Sunaryo Soemardji yang menyampaikan materi sejarah jalan tol dan Kepala Bidang Investasi BPJT, Denny Firmansyah ST MT dengan tema Investasi Jalan Tol.

Seminar-Nasional-ITNY-2.jpg

Dalam kesempatan itu, Ir Sunaryo Soemardji mengatakan, pembangunan jalan tol merupakan sebuah keharusan. Sebab, jalan tol untuk mengatasi keterbatasan dana pembangunan baru serta untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan wilayah dengan cepat.

“Banyak kendala untuk membangun jalan tol. Mulai dari perangkat hukum, anggaran, dan lahan yang akan digunakan jalan tol,” kata Sunaryo.

Kepala Bidang Investasi BPJT, Denny Firmansyah ST MT mengatakan, bagi negara berkembang, pembangunan jalan tol memang sebuah kebutuhan. Jalan tol akan membuat ekonomi semakin menggeliat. Namun, untuk mewujudkan jalan tidak mudah karena membutuhkan anggaran yang sangat besar.

Seminar-Nasional-ITNY-3.jpg

“Anggaran negara ada keterbatasan. Karena itu, dibuka investasi dari swasta,” terang Denny.

Rektor ITNY, Dr Ir Ircham MT mengatakan, seminar nasional yang membahas infrastruktur jalan tol merupakan bentuk komitmen ITNY terhadap pembangunan infrastruktur yang tengah giat dilakukan pemerintah. Menurutnya, pembangunan jalan tol akan mendorong mempercepat pertumbuhan dan pemerataan ekonomi di tanah air.

“Semoga apa yang didiskusikan ini bermanfaat bagi bangsa Indonesia terutama civitas akademika ITNY,” kata Ircham saat menghadiri seminar nasional bertema jalan tol. (*)

Jurnalis : Ridayati (CR-137)
Editor : AJP-12 Editor Team
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Komentar

Registration