Peristiwa Daerah

Inspiratif, Kepala Desa di Gresik Raih Gelar Doktor

Senin, 16 September 2019 - 18:31 | 102.74k
Kades Melirang M Muwafaq (Kiri) saat resmi mendapat gelar doktor bidang ekonomi islam dari Uinsa Surabaya (Foto: Istimewa for TIMES Indonesia)
Kades Melirang M Muwafaq (Kiri) saat resmi mendapat gelar doktor bidang ekonomi islam dari Uinsa Surabaya (Foto: Istimewa for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, GRESIK – Inspiratif, seorang kepala desa di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, berhasil meraih gelar doktor dari Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (Uinsa). Ia adalah M Muwafaq, Kepala Desa Melirang, Kecamatan Bungah.

Muwafaq resmi bergelar doktor bidang ekonomi islam usai mempertahankan disertasi berjudul Ibadah Haji dan Peningkatan Perekonomian.

Kepada TIMES Indonesia, Muwafaq yang juga dosen di Staida Gresik dan guru YTPI Miftahul Ulum ini merasa bersyukur atas raihan yang dicapai.

Meski sibuk memimpin desa serta menjadi pengajar, ia hanya menghabiskan dua tahun untuk riset soal studi keberkahan haji di kalangan masyarakat miskin di Gresik.

"Alhamdulillah, akhirnya selesai. Semoga bermanfaat bagi semua. Dua tahun waktu untuk menyelesaikan disertasi. Dan hari ini tadi ujian doktor," katanya, Senin (16/9/2019).

Ditanya soal bagaimana cara untuk membagi waktu antara menyelesaikan pendidikan doktor dan menjadi kades, Muafaq berkelakar tidak ada tips khusus.

Menurutnya, jika memang ada niat untuk belajar, maka siapapun bisa melakukannya. "Tidak ada kiat khusus, mengalir saja," imbuhnya.

Pendiri dan pengasuh Pesantren Ilmu Al Qur'an 4 Melirang ini menambahkan, jika risetnya terhadap keberkahan haji adalah salah satu bukti bahwa berhaji bisa meningkatkan ekonomi.

Bahkan, menurut risetnya, orang yang sudah melaksanakan ibadah haji, perekonomian akan lebih makmur.

"Itu merujuk pada hadist nabi, di riset itu, saya menemukan seorang warga miskin menabung kemudian berangkat haji. Pasca dari ibadah haji perekonomianya semakin baik dan makmur," ujarnya.

Muafaq menegaskan jika ibadah haji tak hanya dilakukan oleh orang yang kaya. Dalam risetnya juga, ia menemukan seorang yang miskin bisa menunaikan ibadah haji meski harus menabung bertahun-tahun lamanya.

"Semoga riset yang saya lakukan ini tentang haji dan peningkatan perekonomian ini bisa membawa dampak positif di masyarakat khusunya kajian studi ekonomi islam," tambah kepala desa yang sudah tiga periode memimpin Melirang Gresik ini usai resmi mendapat gelar doktor. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Gresik

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES