Pemerintahan

Soal Penanganan Karhutla, Fahri Hamzah: Presiden Harus Tegas

Senin, 16 September 2019 - 18:07 | 48.85k
Fahri Hamzah (FOTO: Edy Junaedi ds/TIMES Indonesia)
Fahri Hamzah (FOTO: Edy Junaedi ds/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA –  Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah menilai penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang melanda wilayah di Indonesia, amatiran. Padahal cara memberantas karhutla sama seperti memberantas kasus korupsi di Indonesia.

"Kalau saya sih anggap ini amatirlah, para pekerja ini amatir. Karena itu harus kerja lebih profesional," kata Fahri di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (16/9/2019).

Pemerintah, menurut Fahri, harus lebih menggencarkan upaya pencegahan dan penindakan karhutla agar kejadian itu tidak berulang kembali.

"Gimana pencegahan dan penindakannya. Karena itu saya rasa ada kelemahan cara kerja. Maka, presiden harus evaluasi pejabat yang kerja di sektor ini, kenapa bisa terjadi," ujar inisiator Gerakan Arah Baru Indonesia (GARBI) itu.

Bahkan, Fahri juga meminta agar Presiden Jokowi bisa bersikap tegas terhadap para pembantunya yang mengatasi persoalan karhutla saat ini. Ia bahkan menyarankan Jokowi bisa memecat para pembantunya yang tak becus mengatasi persoalan tersebut.

"Tapi bentar lagi presiden kan ganti tim, ya ganti lah tim yang lebih profesional, jangan yang itu-itu aja. Kalau orang yang sama suruh kerja, kerjaannya nggak selesai-selesai ya dipecat. Harus ada time limit. Rakyat uangnya terbatas," katanya.

Tak hanya itu, Fahri sempat bercerita pengalamannya mengunjungi sebuah laboratorium lingkungan hidup di California, Amerika Serikat (AS) beberapa waktu lalu. Kala itu, ia mengatakan laboratorium itu bisa mendeteksi pohon-pohon yang ditebangi di seluruh dunia ini melalui satelit.

Ia pun berharap nantinya Indonesia memiliki alat mitigasi semacam itu guna mencegah terjadinya karhutla yang kerap hadir di musim kemarau.

"Jadi kalau kita di Indonesia punya alat mitigasi yang bener. Api masa nggak bisa kita baca, kayu aja yang ditebang bisa disensor oleh satelit. Masa api nggak bisa dilacak," ujar Fahri Hamzah, Wakil Ketua DPR RI. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES