Peristiwa Nasional

Pemerintah Papua Nugini Konkret Dukung Papua Tetap Bagian NKRI

Senin, 16 September 2019 - 18:00 | 108.99k
Delegasi Komisi I DPR RI berkunjung ke kementerian luar negri Papua Nugini, di Port Moresbby, dipimpin Satya Widya Yudha (tengah). (Foto: Istimewa For TIMES Indonesia)
Delegasi Komisi I DPR RI berkunjung ke kementerian luar negri Papua Nugini, di Port Moresbby, dipimpin Satya Widya Yudha (tengah). (Foto: Istimewa For TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pemerintah Papua Nugini secara tegas menyampaikan dukungan terhadap Papua dan Papua Barat adalah bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Eskalasi politik yang terjadi di tanah Papua baru-baru ini diharapakan tidak membesar dan dapat diselesaikan oleh Pemerintahan Presiden Joko Widodo secara damai dan bijaksana.

Demikian pernyataan penegasan ini disampaikan langsung oleh Menteri Luar Negeri Papua Nugini Soroi Marrepo saat menerima delegasi Komisi I DPR RI yang dipimpin Satya Widya Yudha di Port Moresbby, akhir pekan lalu. Anggota delegasi Komisi I lainnya adalah Evita Nursanyanti (F-PDIP) serta Sukamta dan Fraksi PKS serta didampingi Duta Besar RI untuk Papua Nugini Andriana Supandi.

“Menteri Luar Negeri Papua Nugini secara langsung menegaskan sikapnya, bahwa pemerintahannya selalu mendukung Papua dan Papua Barat adalah bagian dari NKRI. Itu clear, disampaikan langsung kepada kami delegasi DPR RI,” beber Satya, Wakil Ketua Komisi I DPR RI dari Fraksi Partai Golkar kepada jurnalis TIMES Indonesia di Jakarta, Senin (16/9/2019).

Menurutnya, dalam pertemuan yang berlangsung sangat akrab di Kementerian Luar Negeri Papua Nugini tersebut, hadir pula Sekretaris Menlu Papua Nugini Barbara A. Age. Menlu Soroi juga mengakui bahwa beberapa waktu lalu terjadi aksi demo oleh masyarakat Papua Nugini yang menyatakan dukungan terhadap referendum bagi Papua dan Papua Barat untuk berpisah dengan NKRI. 

“Bahwa demo masyarakat PND mendukung referendum Papua dan Papua Barat adalah bukan sikap pemerintah,” tandas Satya mengutip Menlu Soroi.

Dalam kesempatan tersebut, selain membicarakan isu gejolak Papua, delegasi Komisi I DPR RI juga menyinggung peningkatan kerja sama bilateral pemerintahan dan parlemen antara kedua negara.

“Hubungan baik yang sudah terjalin selama ini dibidang ekonomi dan budaya harus terus ditingkatkan, termasuk hubungan Parlemen kedua negara. Salah satunya, perlu diwujudkan adanya penerbangan langsung dari Indonesia ke PNG (Papua Nugini),” pungkas Satya Widya Yudha, Wakil Ketua Komisi I DPR RI dari Fraksi Partai Golkar. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES