Peristiwa Daerah

Kualitas Udara di Kota Batam Mulai Tak Sehat

Senin, 16 September 2019 - 16:44 | 46.97k
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Batam, Herman Rozie. (FOTO: Istimewa)
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Batam, Herman Rozie. (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, BATAMKualitas Udara Kota Batam mulai mendekati kategori tidak sehat. Berdasarkan pantauan alat pendeteksi, indeks standar pencemaran udara (ISPU) menunjukkan angka 60. Empat hari sebelumnya, Selasa (10/9/2019), ISPU Batam masih di angka 50, ambang batas kategori baik.

“Alat pendeteksi ISPU Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang di pasang di Batam tepatnya di Stasiun ISPU Batuaji di Mako Satpol, menunjukkan kualitas partikulat debu 10 mikron sudah di atas 60. Ini artinya masuk pada fase sedang atau mendekati tidak sehat,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Herman Rozie, Senin (16/9/2019).

Sementara untuk kategori tidak sehat memiliki rentang 101-199, sangat tidak sehat 200-299, dan berbahaya 300-500.

Secara visual, sambungnya, kepekatan asap di Batam hari ini memang lebih gelap dibanding hari sebelumnya. Dengan kondisi seperti ini, ada baiknya masyarakat mengenakan masker ketika beraktivitas di luar rumah.

“Tapi lebih baik tidak keluar rumah apabila tidak ada hal yang penting. Terutama anak-anak sebaiknya berada di dalam rumah saja. Namun untuk aspek kesehatan lebih detailnya bisa ditanyakan ke Dinas Kesehatan tentunya,” kata dia.

Pemerintah mengimbau masyarakat untuk menjaga jangan sampai terjadi pembakaran lahan atau kebakaran hutan di lingkungan sekitar. Jika menemukan titik api atau bakal api kebakaran hutan agar segera menginfokan ke instansi terkait. Bisa ke Dinas Pemadam Kebakaran Pemko Batam ataupun ke Manggala Agni KLHK.

Adapun pos pemadam kebakaran Pemerintah Kota Batam berada di sembilan lokasi. Yakni Seipanas, Duriangkang, Batuampar, Sekupang, Kabil, Punggur, Nongsa, Sagulung, dan Tembesi. Sementara nomor call centre Dinas Pemadam Kebakaran adalah 113. Atau bisa menghubungi nomor tunggal panggilan darurat 112. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Batam

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES