Peristiwa Nasional

Panja Revisi UU KPK di DPR Tak Setuju dengan DIM Pemerintah

Senin, 16 September 2019 - 14:15 | 44.24k
Anggota Panitia Kerja (Panja) Revisi UU KPK Arsul Sani. (Foto:Dok.TIMES Indonesia)
Anggota Panitia Kerja (Panja) Revisi UU KPK Arsul Sani. (Foto:Dok.TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Anggota Panitia Kerja (Panja) Revisi UU KPK Arsul Sani mengatakan, hasil diskusi antara fraksi-fraksi DPR di dalam panja, banyak yang belum setuju terkait Dewan Pengawas KPK dalam Daftar Inventarisir Masalah (DIM) yang diajukan pemerintah.

"Catatan yang ada dalam DIM pemerintah, DPR sepakat kecuali terkait Dewan Pengawas. Itu bukan hasil rapat ya, namun observasi saya dari diskusi dengan fraksi-fraksi," ujar Arsul di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (16/9/2019).

Berdasarkan draf RUU KPK yang menjadi usul inisiatif DPR RI disebutkan bahwa Dewan Pengawas KPK dipilih oleh DPR RI berdasarkan calon yang diusulkan Presiden.

Sementara itu, Presiden Jokowi memiliki pandangan berbeda terkait Dewan Pengawas KPK, nantinya dijaring oleh panitia seleksi dan diangkat oleh Presiden.

Menurut Presiden, anggota Dewan Pengawas KPK diambil dari tokoh masyarakat, akademisi atau pegiat antikorupsi bukan politisi, bukan birokrat atau aparat penegak hukum aktif

Namun, Arsul enggan menjelaskan apa yang menjadi keberatan DPR atas usulan pemerintah terkait Dewan Pengawas KPK. Menurutnya, DPR tidak keberatan terkait DIM yang diajukan pemerintah dalam RUU KPK namun perlu ada pembahasan mendalam.

"Tetapi secara prinsip tidak keberatan, dan tentu di sana sini ada pembahasan terhadap substansinya. Karena kalau prinsip itu menyangkut politik hukum," imbuh Sekjen DPP PPP itu.

Arsul mencontohkan DPR tidak masalah terhadap DIM pemerintah mengenai rentang waktu penyadapan dan pemberian Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3) menjadi dua tahun. Namun lanjut dia, terkait Dewan Pengawas KPK, Panja Revisi UU KPK perlu kajian mendalam.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES