Peristiwa - Daerah

Masyarakat Bondowoso Sudah Banyak yang Sadar Benda Purbakala

Masyarakat Bondowoso Sudah Banyak yang Sadar Benda Purbakala Proses delinisasi benda Purbakala di Kabupaten Bondowoso (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia).
Senin, 16 September 2019 - 11:45

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Semakin banyaknya penemuan benda Megalitikum. Membuat masyarakat di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur,  menyadari dengan benda-benda purbakala. Hery Kusdaryanto, Kasi Kesejarahan dan Purbakala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bondowoso mengatakan, bahwa kesadaran masyarakat untuk melestarikan benda purbakala di wilayahnya, secara bertahap terus meningkat.

“Hal ini juga seiring dengan meningkatnya promosi dari pemerintah dan elemen masyarakat sipil, tentang status Bondowoso sebagai daerah yang kaya akan peninggalan benda purbakala,” katanya.

Menurutnya, kalau dulu saat warga menemukan benda purbakala seperti batu kenong, bisa dibuang begitu saja. Karena belum tahu. Tapi sekarang kata dia, mereka sudah ada inisiatif untuk melaporkannya kepada pihak terkait. Dia berharap, kesadaran masyarakat bisa terus meningkat.

Dijelaskan Hery, Dikbud bersama Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan, melakukan deliniasi atau pendataan dan penarikan garis zonasi dari temuan benda-benda purbakala tersebut.

Menurutnya, kegiatan deliniasi ini berkelanjutan dan akan terus dilakukan hingga tahun depan. Dari pendataan, lanjut dia, ada banyak temuan baru, yang nanti akan disampaikan oleh BPCB setelah rampung.

“Deliniasi terutama dilakukan untuk penetapan zonasi di Grujugan. Hal ini terkait dengan keberadaan sebuah pabrik yang sebelumnya sempat beroperasi, di kawasan yang sudah ditetapkan sebagai cagar budaya,”  jelas alumnus Jurusan Arkeologi Universitas Udayana Bali tersebut.

Beberapa benda purbakala yang ditemukan kata dia, akhirnya diputuskan untuk dipindahkan dari lokasi asal (ek-situ), karena alasan faktor. Di sisi lain, dia berharap masyarakat Bondowoso terus merawat benda-benda purbakala. (*)

Jurnalis : Moh Bahri
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Bondowoso

Komentar

Registration