Peristiwa Daerah

Poktan Laipori Indah Jadi Percontohan Budidaya Tebu di Sumba Timur

Senin, 16 September 2019 - 09:08 | 65.39k
Lahan perkebunan tebu rakyat milik Kelompok Tani (Poktan) Laipori Indah, Desa Palakahembi, Kecamatan Pandawai, Kabupaten Sumba Timur NTT. (FOTO: Habibudin/TIMES Indonesia)
Lahan perkebunan tebu rakyat milik Kelompok Tani (Poktan) Laipori Indah, Desa Palakahembi, Kecamatan Pandawai, Kabupaten Sumba Timur NTT. (FOTO: Habibudin/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SUMBA TIMUR – Kelompok Tani (Poktan) Laipori Indah di Desa Palakahembi, Kecamatan Pandawai, Kabupaten Sumba Timur Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi kelompok percontohan pengembangan budidaya tebu rakyat di Kabupaten Sumba Timur.

“Tanaman tebu yang ditanam baru mencapai 1 Ha sedangkan Poktan menyiapkan lahan seluas 15,5 Ha, ini sebagai percontohan bila nanti berhasil akan disiapkan lahan seluas 100 Ha lebih untuk peningkatan pengembangan tebu di Laipori,” kata Ketua Poktan Laipori Indah Samuel Leba Lulu, Senin (16/9/2019).

Menurutnya, pengembangan tebu di Laipori masih terkendala  bibit dan ketersediaan air yang banyak. Disamping itu, dibutuhkan Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) untuk selalu mendampingi kelompok dalam memberi arahan budidaya tanaman tebu dari proses tanam sampai masa panen.

“Budidaya tebu ini masih jadi percontohan tetapi kalau bisa Pemda juga mau bantu bibit dan air untuk kita kembangkan kalau soal tenaga kerja tidak diragukan lagi sudah pasti masyarakat mau kerja asal semuanya tersedia dengan baik,” ujarnya.

Samuel menambahkan, Poktan Laipori Indah bersama Pemda Sumba Timur optimistis bahwa rencana kerjasama yang tepat akan mampu menjaring para Investor perkebunan tebu maupun pabrik gula seperti yang ada di Kabupaten Sumba Timur.

“Saya yakin menanam tebu akan membawa dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat. Apalagi Investor perkebunan tebu suda ada di daerah untuk siap membangun pabrik gula di Sumba Timur,” ungkap Samuel Leba Lulu, Ketua Poktan Laipori Indah(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Sumba

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES