Gaya Hidup

Kiat Mudah Tetap Aktif Bekerja saat Hamil

Senin, 16 September 2019 - 03:37 | 35.73k
Ilustrasi bekerja saat hamil. (FOTO: hellosehat)
Ilustrasi bekerja saat hamil. (FOTO: hellosehat)

TIMESINDONESIA, JAKARTABekerja saat hamil kadang berat dijalani bagi ibu hamil. Beberapa masalah kehamilan yang sering dialami antara lain mual dan mudah lelah saat berada di kantor. Kondisi ini tentu bisa mengganggu kinerja ibu hamil. Lalu bagaimana agar bisa tetap aktif bekerja saat hamil?

Dilansir dari Tabloid Bintang, berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan agar ibu hamil bisa tetap aktif.

1. Atasi mual dengan ngemil

Camilan sehat bisa membuat gula darah tetap stabil dan mengurangi rasa mual. Contoh cemilan yang dapat mengurangi rasa mual adalah makanan yang mengandung jahe atau lemon. Namun, jika rasa mual yang Anda alami tidak mudah diatasi maka sebaiknya konsultasikan ke dokter kandungan untuk mendapat perawatan yang tepat.

2. Atasi rasa lelah dengan bergerak ringan

Wanita hamil cenderung akan cepat merasa lelah. Hal ini adalah wajar dan bisa diatasi dengan sering bergerak ringan sesering mungkin. Penulis buku ‘Balancing Pregnancy and Work’, Nancy W. Hall mengatakan bahwa jalan kaki ketika makan siang dan mengunyah permen karet mint bisa menyegarkan pikiran sekaligus membantu mengurangi rasa lelah.

3. Buat meja kerja senyaman mungkin

Seiring dengan perkembangan usia kehamilan, aktivitas sehari-hari seperti duduk atau berdiri menjadi semakin tidak senyaman biasanya. Oleh karenannya penting untuk membuat meja kerja senyaman mungkin. Salah satu caranya adalah dengan mengatur kursi tempat duduk berada dalam posisi yang nyaman untuk Anda. Kalau perlu gunakan bantal kursi untuk menopang punggung lebih sempurna.

4. Mengontrol emosi

Ibu hamil tak jarang baper terhadap sesuatu hal. Namun, hal itu sebenarnya karena wanita yang tengah hamil biasanya lebih sensitif oleh karenanya penting untuk melakukan meditasi untuk melatih emosi dan membuat calon ibu menjadi lebih rileks. Profesor kebidanan dan ginekologi di Universitas Rumah Sakit Cleveland, Ohio, AS, Marjorie Greenfield, MD mengatakan bahwa penting bagi ibu hamil untuk mencurahkan kegundahan yang dirasakan kepada orang lain.

5. Pahamilah risiko pekerjaan terhadap kehamilan

Bekerja saat hamil memang tidak ada salahnya. Namun, ibu hamil tidak boleh mengalami keadaan yang terlalu berat atau ekstrim. Beberapa aktivitas saat bekerja bisa mempengaruhi kehamilan. Ibu hamil harus mengerti risiko pekerjaannya. Jika aktivitas saat bekerja bisa memicu masalah kehamilan, sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES