Peristiwa Daerah Bondowoso Republik Kopi

Tak Hanya Ngaji, ODOJ Bondowoso Juga Kaji Kandungan Al Quran

Minggu, 15 September 2019 - 22:54 | 80.20k
Suana peserta ODOJ Bondowoso saat ikuti kajian kandungan Al Quran. (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Suana peserta ODOJ Bondowoso saat ikuti kajian kandungan Al Quran. (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
FOKUS

Bondowoso Republik Kopi

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Komunitas pecinta Al Quran yang tergabung dalam One Day One Juz (ODOJ) Bondowoso, melaksanakan kegiatan rutinan komunitas (KRK). Dalam kesempatan itu, para peserta tak hanya membaca, tapi juga mengkaji Al Quran.

Pembina ODOJ Bondowoso, Suheri menjelaskan bahwa dengan membaca Al-Qur'an, maka jiwa dan hati manusia akan lebih tenteram.

"Al-Qur'an bagaikan obat untuk manusia. Semakin sering seseorang membaca Al Quran, semakin baik, cantik suci. Bukan hanya dari tampang, namun juga sinar dari hati,” jelas dosen STAI At Taqwa tersebut.

Sementara narasumber dalam kegiatan kali ini, KH Ruslani. Dia berharap, anggota yang berada dalam Komunitas ODOJ, harus lebih baik ke depannya dalam hal teknologi.

"Khususnya remaja sekarang yang viral dengan gadgetnya sebagai pegangan, banyak aplikasi yang digunakan untuk membuka situs-situs yang ingin dijumpai. Namun remaja sekarang harus bisa mengubah mindset menuju perubahan yang lebih baik," paparnya.

Dia juga menyampaikan berbagai macam pengetahuan, mulai dari bagaimana seseorang mendapatkan ketenangan lewat dzikrullah, bagaimana cara pendekatan dengan Al-Quran melalui lisan, akal, dan hati.

"Berotak Jerman, berhati Makkah, tapi tetap Indonesia,” tegasnya.

Di sisi lain, Santi Widia Ningsi, ketua ODOJ Bondowoso mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menambah wawasan keilmuan, bagi para anggota yang masih aktif dalam Komunitas ODOJ Bondowoso.

"Tujuan kegiatan ini memang sudah menjadi rutinan setiap dua bulan satu kali. Jadi dari komunitas sendiri tidak hanya mengadakan kegiatan khataman Al-Qur'an. Juga ada kajian untuk memberikan ilmu kepada anggota ODOJ," jelasnya.

Komunitas ODOJ Bondowoso kata dia, tidak tidak hanya mengadakan khatmul Quran melainkan juga memberikan wawasan tentang keilmuan-keilmuan lainnya. "Kajian ini biasanya berisikan teori-teori yang ada kaitannya dengan Al Quran," tambahnya.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh komunitas pecinta Al Quran One Day One Juz (ODOJ) Bondowoso ini, diikuti oleh 117 peserta, di Musholla Ar-Roudhoh MAN Bondowoso, Minggu (15/9/2019).(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Bondowoso

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES