Peristiwa Internasional

Dorong Masuk Cabor Olimpic Games, Pencak Silat dan Reog Ponorogo Tampil di Azerbaijan

Minggu, 15 September 2019 - 20:14 | 146.33k
Penampilan regu pencak silat dan Reog Ponorogo di Azerbaijan, Minggu (15/9/2019). Foto : Istimewa)
Penampilan regu pencak silat dan Reog Ponorogo di Azerbaijan, Minggu (15/9/2019). Foto : Istimewa)

TIMESINDONESIA, AZERBAIJANPencak silat dan Reog Ponorogo membuat pengunjung di Fountain Squer Baku Azerbaijan takjub dan terkesima. Hampir dua ribu lebih penonton menikmati suguhan budaya di ajang karnaval Indonesian Cultural Festival, Minggu (15/9/2019).

Rampak gerakan pencak silat berpadu Reog Ponorogo menjadi bintang tamu utama pada kegiatan yang dihadiri oleh Duta Besar KBRI Baku Prof. DR. H. Husnan Bey Fananie, M.A, Kementerian Pemuda dan Olahraga melalui Asisten Deputi Industri dan Promosi Olahraga Sandi Suwardi Hasan serta Atase Pertahanan Republik Indonesia Kolonel Marinir Harwin Dicky Wijanarko, SE tersebut.

Suara gamelan reyg mengiringi kegiatan tersebut dengan rasa suka cita. Sebelum kegiatan berlangsung terjadi pertemuan antara Indonesia dengan perwakilan Azerbaijan. 

Azerbaijan.jpg

Pertemuan membahas usulan pemerintah RI agar pencak silat masuk menjadi cabang olah raga yang dipertandingkan di Olimpic Games.

Seiring dengan itu maka perhelatan Indonesian Cultural Festival di Azerbaijan menjadi ajang kampanye budaya Indonesia sekaligus kampanye pencak silat sebagai kesenian asli Indonesia.

Duta Besar KBRI Baku Prof. DR. H. Husnan Bey Fananie, M.A menyampaikan bahwa Indonesia menyapa Azerbaijan dengan cinta dan persaudaraan ditandai dengan kuatnya komunikasi antara dua negara. 

Dalam kesempatan yang sama, Sandi Suwardi Hasan, Asisten Deputi Industri dan Promosi Olahraga Kemenpora menyampaikan Azerbaijan mendukung sepenuhnya pencak silat masuk menjadi cabang olah raga yang di pertandingkan di Olimpic Games dan aktif dalam ikut mengkampanyekan pencak silat ke seluruh dunia. 

Menurut Wisnu Hadi Prayitno, pimpinan rombongan pencak silat dan reog, mereka hadir difasilitasi Kemenpora guna mempromosikan pencak silat dan memberikan kesempatan generasi muda Indonesia agar diterima dan mempunyai pengalaman kelas internasional.

Penampilan-regu-pencak-silat-dan-Reog-Ponorogo-b.jpg

Yel yel tentang Indonesia Azerbaijan berkumandang menggelora di sepanjang rute parade. Selain peserta parade, masyarakat baku Azerbaijan juga ikut memeriahkan kegiatan tersebut dengan turun bersama, menari dan bernyanyi mengikuti ritme.

Terlihat di sepanjang jalan yang dilalui parade, masyarakat Azerbaijan menyambut dengan suka cita serta ikut mengabadikan momen Indonesian Cultural Festival yang menampikan pencak silat dan Reog Ponorogo ini. “Apresiasi dari banyak pihak merupakan wujud nyata bahwa warisan budaya Indonesia patut untuk dikenalkan, serta dapat menjadi ikon Indonesia sebagai suatu langkah nyata untuk tidak sekedar melestarikannya, namun juga menduniakan kesenian khas tersebut,” ujar Prof. DR. H. Husnan Bey Fananie .(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Indonesia

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES