Peristiwa Nasional

Nasir Djamil: Percepat Pelantikan Pimpinan KPK RI yang Baru

Minggu, 15 September 2019 - 20:06 | 72.56k
Gedung KPK RI (Foto: Dokumen TIMES Indonesia)
Gedung KPK RI (Foto: Dokumen TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Anggota Komisi III DPR RI F-PKS, M Nasir Djamil, meminta agar Presiden Jokowi dalam waktu yang singkat segera melantik dan mengambil sumpah lima pimpinan KPK RI terpilih.

Pelantikan itu secepatnya dilakukan usai DPR RI mengesahkan kelimanya dalam sidang paripurna yang rencananya akan digelar pada Senin 16 September 2019, besok. 

Menurutnya, percepatan itu bukan bermaksud ingin mendikte Presiden, melainkan melihat situasi dan kondisi di KPK RI setelah muncul nama lima pimpinan KPK RI dipilih oleh DPR RI. Apalagi ada dua pimpinan KPK RI saat ini yang telah menyatakan mengundurkan diri dan menyerahkan KPK RI kepada Presiden.

"Situasinya sangat gaduh dan cenderung membuat polarisasi di tengah masyarakat. Karena itu mempercepat pelantikan lima pimpinan KPK yang baru sangat diharapkan," ujar Nasir Djamil kepada TIMES Indonesia di Jakarta, Minggu (15/9/2019).

Nasir menambahkan, bahwa KPK RI adalah lembaga yang tidak boleh dimanfaatkan oleh kelompok tertentu untuk tujuan di luar penindakan korupsi. Aksi-aksi yang nyaris baku hantam di depan gedung KPK RI beberapa waktu lalu, jika dibiarkan maka akan berlarut dan bukan tidak mungkin menimbulkan korban. 

Bila pimpinan KPK RI yang baru bisa dilantik dalam waktu yang cepat, mereka diharapkan mampu mengendalikan dan mengarahkan situasi dan kondisi di internal KPK RI sehingga kondusif.

"Suasana kerja di KPK RI saat ini sudah tidak nyaman dan bisa tidak bisa dikontrol. Karena itu mempercepat pelantikan mereka oleh Presiden adalah solusi untuk mengakhiri kegaduhan yang sudah berlangsung beberapa bulan ini," tegas Nasir Djamil. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES