Peristiwa Daerah

Puluhan Relawan Baru PMI Kabupaten Malang, Digembleng Simulasi Bencana Alam

Minggu, 15 September 2019 - 18:55 | 93.92k
Relawan baru PMI Kabupaten Malang saat menjalani simulasi. (foto : Binar Gumilang / TIMES Indonesia)
Relawan baru PMI Kabupaten Malang saat menjalani simulasi. (foto : Binar Gumilang / TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Sebanyak 57 orang relawan baru PMI Kabupaten Malang, melakukan latihan simulasi bencana alam di Dusun Sonotengah, Desa Kebonagung, Kecamatan Pakisaji, Minggu (15/9/2019).

Simulasi itu digelar untuk memberikan pengetahuan dasar kepada puluan relawan baru yang mengikuti pendidikan dan pelatihan (Diklat) dari PMI Kabupaten Malang tersebut.

Suasana simulasi, layaknya bencana sungguhan. Puluhan relawan tersebut harus mengevakuasi beberapa orang yang menjadi korban bencana alam gempa bumi di tempat tersebut.

Sebagian relawan lainnya, tampak menggotong korban bencana alam menggunakan tandu untuk dibawa ke tempat evakuasi. Sedangkan relawan lainnya tampak mengobati luka yang diderita para korban.

Relawan lainnya melakukan pendataan, mendirikan tenda dan dapur umum. Kasi Pelayanan PMI Kabupaten Malang Amirul Yasin mengatakan, simulasi ini tingkat dasar.

"Dasar-dasar ketika melakukan penanganan bencana, seperti yang dilakukan pada simulasi ini," ujarnya kepada TIMES Indonesia.

Menurutnya, seluruh relawan baru wajib mengikuti simulasi ini. "Mereka harus tahu materi dasar-dasar saat melakukan penanganan bencana alam," ungkapnya.

Dia menjelaskan, materi dasar ini sangat diperlukan ketika mereka nanti bertugas kemanusiaan dalam menangani bencana alam.

"Contohnya, relawan yang bagian asesmen, memberikan pertolongan dan dapur umum sudah jelas tugasnya. Mereka sebelumnya juga dibagi saat menjalankan tugasnya," tuturnya.

"Harapannya mereka bisa menjalankan tugas dengan baik, setelah mengikuti diklat serta simulasi ini," sambungnya

Usai menjalani Diklat serta simulasi ini, seluruh relawan baru PMI Kabupaten Malang ini selanjutnya akan bertugas di masing-masing kecamatan untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES