Peristiwa Daerah

Pos Pamhut di Area Hutan Wonogoro Dekat Tambang KTI Dibakar, Petugas Selidiki Motif

Minggu, 15 September 2019 - 17:42 | 86.52k
Suasana area hutan Wonogoro usai peristiwa pembakaran pos pamhut (foto : Istimewa)
Suasana area hutan Wonogoro usai peristiwa pembakaran pos pamhut (foto : Istimewa)

TIMESINDONESIA, MALANGPos Pamhut (Pengamanan Hutan) di area Hutan Wonogoro, milik perhutani di Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur dibakar oleh seseorang.

Pos Pamhut yang dibakar tersebut berada di dekat area pertambangan pasir besi milik Koperasi Tambang Indonesia (KTI) yang diketuai Najib Salim Atamimi.

Informasi yang berhasil dihimpun, pelaku pembakaran pada Sabtu (14/9/2019) saat ini sudah diamankan oleh pihak kepolisan untuk diminta keterangan lebih lanjut.

Peristiwa itu dibenarkan Administratur Perhutani KPH Malang, Hengki Herwanto. Menurutnya, pos Pamhut itu memang benar berada di lahan milik Perhutani KPH Malang.

"Namun, itu bukan Pos milik Perhutani. Cuma berada di lahan Perhutani yang juga digunakan oleh petugas kami untuk melakukan pantauan serta pengamanan," ujar Hengki Herwanto kepada TIMES Indonesia, Minggu (15/9/2019).

Lebih lanjut dia mengaku belum mengetahui secara pasti kronologis terjadi peristiwa itu.

"Ini saya masih menggali informasi kepada petugas yang ada di lapangan," ungkapnya.

Menurutnya, letak pos Pamhut tersebut memang berdekatan dengan tambang Koperasi KTI. Perhutani juga menjalin kerjasama dengan KTI.

"Kerjasamanya berupa pemanfaatan akses jalan untuk distribusi hasil tambang yang kebetulan juga melintas di area perhutani," tuturnya.

Sedangkan letak tambang pasir besi tersebut, ditegaskannya bukan berada di atas lahan milik Perhutani.

"Untuk lahan tambang tersebut, berada di APL atau Area Penggunaan Lain," katanya.

Yang diketahuinya, awal mula masalah terjadi karena masyarakat menginginkan dibukanya akses wisata di tempat tersebut.

"Karena kami memang belum membuka pemanfaatannya untuk wisata. Namun, sedang dibahas bersama masyarakat. Ini belum tuntas, sudah terjadi peristiwa tersebut," tuturnya.

Dikonfirmasi mengenai hal itu, Kapolres Gedangan AKP Iwan Tjatur Prambudi, tidak menjelaskan secara gamblang peristiwa itu.

"Pos Pamhut yang dibakar di area lahan milik perhutani, lebih lanjut bisa ditanyakan Polres. Karena kasus ini sudah ditangani Polres," kata dia ketika dikonfirmasi mengenai peristiwa pembakaran pos Pamhut di area Hutan Wonogoro, Gedangan, Kabupaten Malang.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES