Peristiwa - Daerah

IPBI Cabang Malang Gelar Lomba Merangkai Bunga

IPBI Cabang Malang Gelar Lomba Merangkai Bunga Dewan juri melakukan penilaian dalam perlombaan merangkai bunga di Kota Malang. (FOTO: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)
Minggu, 15 September 2019 - 17:12

TIMESINDONESIA, MALANG – Ikatan Perangkai Bunga Indonesia (IPBI) Cabang Malang kembali menggelar Lomba Merangkai Bunga bertajuk Pesona Budaya Nusantara di Bundaran Simpang Balapan, Kota Malang, Minggu (15/9/2019).

Lomba ini dibagi menjadi dua kategori yaitu kategori merangkai bunga untuk meja sudut dan presentation bouquet pesona nusantara.

Media yang digunakan dalam kontes ini dari bunga yang dirangkai di tempat. Setelah dirangkai, kemudian peserta mempresentasikan karyanya kepada dewan juri dan publik.

Ketua IPBI Cabang Malang Louise R Patty mengatakan, acara ini juga merupakan rangkaian dari Malang Flower Carnival 2019 dan bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang.

bunga-b.jpg

"Ada 13 peserta dari kategori meja sudut dan 14 peserta katagori presentation bouquet. Pesertanya ada beberapa yang dari Surabaya," katanya kepada TIMES Indonesia.

Peserta lomba diambil 4 pemenang yang terdiri dari juara 1, juara 2, juara 3 dan juara favorit. Peserta lomba dinilai oleh tiga dewan juri yang terdiri dari perwakilan Dinas Pariwisata Kota Malang, IPBI Surabaya dan IPBI Malang.

Ketua Panitia Elahni Yuliastina menjelaskan bahwa lomba ini selain mengangkat estetika juga menimbang promosi kebudayaan Nusantara. Wadah atau vas yang digunakan adalah hasil kerajinan produksi lokal Indonesia yang dapat difungsikan sebagai wadah rangkaian bunga.

"Untuk bunga tidak terbatas, meskipun bibit dari luar tapi bisa dibudidayakan di Indonesia boleh juga diikutkan disini," beber Ketua Panitia yang juga Wakil Ketua IPBI Cabang Malang.

Peserta akan memperebutkan hadiah piala dan hadiah tunai total Rp 8.250.000. Pemenang akan diumumkan saat pembukaan Malang Flower Carnival.

bunga-c.jpg

Lomba Merangkai Bunga oleh IPBI Cabang Malang ini dinilai dari beberapa kriteria. Diantaranya kreativitas, kesesuaian dengan tema, warna, proporsi, balance, depth, daya pakai, mekanikal dan kerapian. (*)

Jurnalis : Mohammad Naufal Ardiansyah
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Malang

Komentar

Registration