Glutera News Glutera News

Zumba Bikin Badan Lebih Sehat, Hati Makin Senang

Zumba Bikin Badan Lebih Sehat, Hati Makin Senang (FOTO: Glutera News)
Minggu, 15 September 2019 - 11:05

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Meskipun sudah banyak metode latihan dan olahraga jenis baru, zumba masih menjadi latihan favorit tersendiri di antara peminatnya. Sebuah latihan kebugaran yang berasal dari Columbia ini, isinya mengedepankan antara kebugaran tubuh, musik dan tarian. Apa saja manfaat yang bisa didapat dari zumba? Simak manfaat zumba berikut ini. 

Zumba diciptakan tanpa sengaja oleh Alberto Perez, instruktur aerobik yang lupa membawa musik yang biasa dia gunakan. Kemudian, dia memutar musik dansa yang biasa digunakannya untuk menari. Saat melakukan senam aerobik dengan musik tersebut, ternyata peserta sangat menyukainya. Menggandeng pengusaha, pada tahun 2002, Perez mulai menjual DVD senam dengan musik Latin yang mereka namakan Zumba.

Senam tersebut menjadi mendunia ketika Perez mulai menulis panduan dan memberikan pelatihan Zumba. Kini, Zumba telah dipraktikkan di lebih dari 40 negara. Selain untuk orang dewasa, terdapat juga program Zumbatomic untuk anak-anak usia 5-12 tahun. Selain dengan iringan musik Latin, kini musik Zumba menjadi lebih beragam dengan diiringi jenis musik lainnya, seperti hip-hop.

Zumba adalah latihan kebugaran yang gerakannya terdiri dari perpaduan tarian salsa dan gerakan tari latin. Gerakan latihan ini juga menyisipkan koreografi senam aerobik, sehingga terkesan seperti olahraga sambil menari. Perpaduan berbagai gerakan dansa seperti cha-cha, salsa, tango, sampai flamenco dengan diiringi musik menjadi sebuah olahraga yang menarik sekaligus menyehatkan. 

Berikut ini berbagai manfaat zumba yang bisa Anda dapatkan.

1. Membakar kalori

Rata-rata, satu kali latihan zumba dapat membakar 400-600 kalori per jam. Hal tersebut tentu saja kabar yang membahagiakan bagi Anda yang menginginkan tubuh kecil dan langsing. Manfaat zumba juga bisa Anda dapatkan dengan gerakan tarian beat merengue  atau melakukan beberapa set gerakan jongkok yang diikuti dengan lompatan plyometric.
 
2. Seluruh anggota tubuh ikut bergerak dan terlatih

Gerakan zumba menawarkan gerak menyeluruh dari atas sampai bawah bagian tubuh. Untuk gerakan bagian atas biasanya mengedepankan tangan bahu dan kepala untuk bergerak seirama. 
Sedangkan untuk bagian tengah hingga bawah tubuh, latihan zumba ini akan membuat perut, pantat, pinggul dan kaki Anda semuanya bergerak secara bersamaan. Saat berlatih zumba, fleksibilitas juga akan dilatih pada saat bagian pemanasan, pendinginan, dan isi tarian zumba. 

3. Olahraga yang menyenangkan

Pada sebuah rekor, zumba pernah memenangkan sebagai olahraga dengan kelas terbanyak dari seluruh dunia. Mengapa zumba begitu disukai? Zumba pada dasarnya menyajikan musik dan tarian. Musik dan tarian ini dianggap juga sebagai bahasa universal yang dapat dikaitkan dan dinikmati oleh semua orang di dunia. Olahraga yang terasa menyenangkan tentu saja baik, karena ini membuat kita bersemangat melakukannya.

4. Mencegah stress dan memperbaiki mood

Salah satu manfaat zumba yang paling terasa adalah dapat mengatasi stress dan penat, karena pada saat latihan zumba Anda akan diiringi lagu-lagu yang penuh semangat, kekinian, dan pastinya dengan tema upbeat. Jika Anda sedang dilanda stress, cobalah untuk melakukan latihan zumba.

Dengan musik upbeat yang mengiringi, tentu saja hal ini dapat membuat mood Anda menjadi lebih baik. Sehingga selain untuk kesehatan, latihan zumba juga dapat memberikan pengaruh positif bagi Anda yang sedang stress ataupun bad mood. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

Komentar

Registration