Peristiwa - Daerah

Minggu Kedua, Program Gelatik Bhabinkamtibmas Polsek Gianyar Kumpulkan 950 Kilogram Sampah

Minggu Kedua, Program Gelatik Bhabinkamtibmas Polsek Gianyar Kumpulkan 950 Kilogram Sampah Bhabinkamtibmas Desa Siangan mengajak masyarakat memilah sampah. (Polsek Gianyar)
Minggu, 15 September 2019 - 11:36

TIMESINDONESIA, GIANYAR – Demi mengurangi sampah plastik di Kabupaten Gianyar, Bali, Bhabinkamtibmas Desa Siangan Aiptu I Kadek Sumerta, mengeluarkan program terobosan kreatif yang diberi nama Gelatik (Gerakan Lawan Sampah Plastik). Memasuki minggu kedua, program ini telah mengumpulkan sampah sebanyak 950 kilogram di Desa Siangan.

Kadek Sumerta menyampaikan untuk minggu ini sampah yang berhasil di kumpulkan sebanyak 700 kg dengan rincian SD N 1 Siangan mengumpulkan 200 kilogram sampah plastik, yang terdiri dari 120 kilogeam sampah plastik yang bisa di daur ulang dan telah di jual kepengepul rongsokan dengan hasil penjualan Rp 240.000 dan 60 kilogram merupakan sampah Residu.

SD N 2 Siangan berhasil mengumpulkan sampah plastik sebanyak 150 kilogram terdiri dari 65 kilogram merupakan sampah yang dapat di daur ulang dan di jual dengan hasil Rp 130.000 dan 85 kilogram merupakan sampah Residu.

Kemudian, SD N 3 Siangan mampu mengumpulkan sampah paling banyak yaitu 350 kilogram dengan rincian 160 kiligram sampah plastik yang bisa di daur ulang dan di jual kepengepul dengan hasil Rp 320.000 dan sisanya merupakan sampah Residu.

"Mudah-mudah program ini mampu menggugah hati masyarakat agar sadar betapa pentingnya arti kebersihan lingkungan. Apalagi pengetahuan masyarakat tentang bahaya sampah plastik masih rendah, terbukti masih banyak masyarakat membuang sampah sembarangan," kata Aiptu Kadek Sumerta.

Sementara itu, Kapolsek Gianyar Kompol I Ketut Suastika, menyampaikan pesan bahwa  anak-anak adalah tunas Bangsa yang perlu diberikan pondasi pemahaman tentang arti kelestarian alam demi kelangsungan mahluk hidup yang ada di atas Bumi ini.

"Kalau bukan kita, siapa lagi yang akan menjaga alam," kata Kapolsek.

Perbekel Desa Siangan I Ketut Berata pun menyampaikan apresiasi kepada Bhabinkamtibmas, karena  GELATIK yang di prakarsai telah mampu menggerakkan masyarakat untuk peduli akan kebersihan, terlihat penurunan volume sampah yang di dapat anak-anak. Ia berharap ini bisa menjadi ajak masyarakat untuk  tidak lagi membuang sampah sembarangan.

"Saya juga terharu lagi dan membuat kita malu, warga penyandang Disabilitas yang ada di Yayasan Bhakti Senang Hati turut ambil bagian dengan ikut serta memungut sampah plastik," tambahnya.

Program Bhabinkamtibmas Desa Siangan, Bali tentang pengurangan sampah plastik ini pun diharapkan mampu memotivasi Bhabinkamtibmas untuk terus berinovasi di tempat masing-masing. (*)

Jurnalis : Imadudin Muhammad
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Bali

Komentar

Registration