Ekonomi

Era Digital, Lapak DVD di Jombang Masih Bertahan

Minggu, 15 September 2019 - 08:32 | 286.61k
Seno penjual DVD di Pasar Legi, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang. (FOTO: Moh Ramli/TIMES Indonesia)
Seno penjual DVD di Pasar Legi, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang. (FOTO: Moh Ramli/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JOMBANG – Tak ada yang abadi di dunia ini, begitupun dengan era digital versatile disc atau DVD. Setelah era kaset  di tahun 2000-an mulai menghilang, secara perlahan munculah era CD/DVD. 

Dulu, masih banyak temui pedagang kaset  dan DVD di pusat perberbelanjaan atau bahkan toko DVD berdiri sendiri. Tak terkecuali di Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Seiring bergulirnya waktu, zaman pun terus berubah. Pemicunya adalah karena kemajuan teknologi yang berkembang pesat, yang kemudian menggusur zaman musik kaset atau DVD menjadi digital.

Mudahnya masyarakat di jaman digital sekarang ini untuk mengakses internet, google dan YouTube, mengakibatkan penjualan DVD mulai sirna. Yang menjajakan kepingan kaset itu pun sudah berkurang dan tak sedikit gulung tikar karena sepi pembeli.

Seperti yang dikeluhkan salah satu penjual DVD di wilayah Pasar Legi, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang, Seno (35). Pada TIMES Indonesia dia bercerita, dari tahun ke tahun pembeli DVD terus menyusut.

Hal itu dikarenakan kini masyarakat sudah semakin canggih karena masyarakat sudah memiliki smartphone genggam masih-masing dengan langsung mengakses lagu melewati google ataupun YouTube.

  "Semakin menurun (pembelinya), harganya tetap 10 ribu per keping. Paling banyak yang per hari itu cuma 30 orang," katanya Jumat (13/9/2019).

Dampaknya, puluhan lapak yang dulu berjualan DVD, kini sudah banyak yang berakhir dengan berganti profesi dan berjualan barang yang lain. "Banyak yang tutup, sekarang yang jual DVD sudah tinggal 8 lapak," ujarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Jombang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES