Kesehatan

Awas, Ini Akibatnya Sering Mandi Malam

Minggu, 15 September 2019 - 03:29 | 377.72k
Ilustrasi - dampak sering mandi malam (FOTO: holadoc)
Ilustrasi - dampak sering mandi malam (FOTO: holadoc)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Anda sering mandi malam sebelum tidur? Jika iya, disarankan Anda untuk berpikir ulang jika hendak mandi malam hari terutama sebelum tidur. Mandi sebelum tidur tidak baik untuk kesehatan tubuh Anda. Meskipun mandi sebelum tidur juga memiliki manfaat untuk kesehatan, disarankan Anda juga memperhatikan bahaya mandi sebelum tidur.

Berikut bahaya mandi sebelum tidur yang sering Anda lakukan, dilansir dari Halo Sehat.

Menyebabkan Penuaan Dini
Air dingin pada malam hari dapat menggangu metabolisme tubuh. Hal ini dapat memberikan pengaruh besar pada kulit terutama menyebabkan kulit menjadi keriput. Selain menjadi sebab penuaan dini, mandi sebelum tidur juga menyebabkan kelainan pada proses metabolisme lemak.

Menyebabkan Paru-Paru Basah
Anggapan tentang mandi sebelum tidur dapat menyebabkan penyakit paru-paru basah ternyata benar adanya. Dengan suhu yang dingin dan juga air yang dingin dapat menyebabkan tubuh Anda susah bernafas, batuk, berdahak, dan juga menggigil. Jika kondisi ini terus berlanjut dengan rutin mandi sebelum tidur maka kemungkinan besar akan membuat resiko anda terkena paru-paru basah semakin besar.

Menyebabkan Asam Urat
Memang tidak dipungkiri air dingin di malam hari memberikan efek segar bagi tubuh Anda. Namun, apabila Anda sering mandi sebelum tidur, Anda akan mudah terkena penyakit asam urat. Karena air dingin tersebut membuat nyeri pada sendi.

Membuat Demam
Pada malam hari, suhu panas dalam tubuh anda sebenarnya meningkat. Hal ini yang turut membuat pori-pori pada tubuh terbuka. Apabila mandi menggunakan air dingin maka kondisi itu akan berbahaya bagi tubuh anda. Pori-pori yang terbuka dapat menyerap air dingin. Tubuh Anda akan mengalami kondisi dimana suhu panas tubuh dan dingin bercampur menjadi satu dalam tubuh. Akibatnya kekebalan tubuh berkurang. Dan disitulah virus akan mudah masuk. Gejala utama masuknya virus ke dalam tubuh adalah Anda akan merasakan demam.

Nyeri Otot
Bahaya mandi sebelum tidur yang selanjutnya adalah menyebabkan nyeri otot. Hal ini terjadi karena pori-pori dalam tubuh yang terbuka dan air dingin pada malam hari masuk melalui pori-pori tersebut. Akibatnya otot anda terasa sangat nyeri bahkan parahnya adalah asam urat.

Mengganggu Metabolisme Tubuh
Pada saat malam hari, suhu tubuh Anda akan mulai lemah dan perlu istirahat. Jika mandi sebelum tidur maka Anda harus berhati-hati karena dapat mengganggu metabolisme tubuh. Dengan terganggunya metabolisme tubuh maka hal itu dapat memberikan peluang risiko untuk terserang berbagai penyakit lain. Selain itu, mandi pada malam hari juga dapat menyebabkan gangguan pada hormon tubuh karena air dingin yang masuk melalui pori-pori yang terbuka.

Mandi pada malam hari memang membuat tubuh Anda semakin segar. Namun di balik itu, Anda juga harus siap menerima bahaya mandi sebelum tidur. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES