Kesehatan

4 Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan

Minggu, 15 September 2019 - 01:24 | 203.47k
Ilustrasi - Manfaat daun mint (FOTO: shutterstock/jordache)
Ilustrasi - Manfaat daun mint (FOTO: shutterstock/jordache)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kebanyakan orang menganggap daun mint hanya berguna untuk menyegarkan pernafasan. Padahal, ada banyak sekali manfaat daun mint bagi kesehatan tubuh kita. Seperti dilansir dari Dokter Sehat, berikut ini manfaat daun mint untuk kesehatan.

Mengatasi Masalah Perut
Ekstrak daun mint berupa minyak peppermint ternyata berkhasiat dalam mengatasi nyeri atau rasa tidak nyaman pada perut. Tak hanya itu, gangguan irritable bowel syndrome juga bisa daiatasi dengan kandungan anti spasmodic dan methanol yang bisa ditemukan dalam daun mint ini.

Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh
Daun mint kaya akan kandungan fitonutrien, zat yang mirip dengan antioksidan yang mampu menurunkan kerusakan sel dan melawan paparan radikal bebas. Hal ini tentu akan mendukung sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan kulit. Pakar kesehatan menyebutkan bahwa jika kita mengkonsumsi ¼ cangkir ekstrak spearmint, maka kita bisa mendapatkan separuh kebutuhan vitamin A harian tubuh.

Melawan Bakteri
Telah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa mint memiliki kandungan anti bakteri yang bisa membantu tubuh dalam melawan bakteri yang bisa memicu datangnya berbagai macam penyakit.

Membantu Program Diet Tanpa Garam
Bagi sebagian orang yang ingin melakukan program diet tanpa garam, mereka bisa mengolah makanan dengan rempah-rempah, termasuk dengan menggunakan daun mint. Makanan pun akan menjadi tidak lagi hambar dan kita pun bisa menurunkan kadar sodium dalam tubuh. Daun mint bisa kita campurkan pada sayuran, ikan, daging, dan berbagai bahan makanan lainnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES