Pendidikan

Bicara Foto, Langkah Awal Calon Fotografer Chipoc Unitomo Masuk Dunia Fotografi

Sabtu, 14 September 2019 - 15:37 | 71.84k
Panitia mempersiapkan kelengkapan dokumen pendidikan dasar UKM Ciphoc, di Unitomo Surabaya, Sabtu (14/9/2019). (Foto: Istimewa)
Panitia mempersiapkan kelengkapan dokumen pendidikan dasar UKM Ciphoc, di Unitomo Surabaya, Sabtu (14/9/2019). (Foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Fotografi Communication Photography Club (Ciphoc) Universitas Dr Soetomo (Unitomo) Surabaya, menggelar pelatihan dan pendidikan dasar fotografi. Pelatihan ini dilaksanakan mulai 13-15 September 2019 di bumi Unitomo Surabaya.

Ketua pelaksana Rachma Idah yang akrab disapa Kimi, mengatakan "Bicara Foto" menjadi tema diklat dasar fotografi calon angkatan muda 2019. Selama 3 hari ke ke depan, peserta diklat yang didominasi mahasiswa baru itu bakal digembleng dan diajak bicara seputar fotografi.

"Kenapa bicara foto, karena kita adalah UKM foto dan akan mendalami ilmu fotografi," katanya, Sabtu (14/9/2019).

Kimi mengungkapkan, setiap karya foto memiliki arti yang sangat luas tergantung siapa yang melihat. Tingkat pendidikan mempengaruhi bagaimana seseorang itu memaknai sebuah foto. Termasuk si fotografer, tata cara hingga pemahaman etika fotografi juga mutlak dipahami supaya foto tidak menimbulkan efek negatif.

"Makanya kita membekali mereka supaya karya-karya yang dihasilkan tidak ngawur. Sebuah foto juga bisa dijadikan alat kontrol sosial," tegas Kimi.

Selain itu, lanjut Kimi, para peserta juga akan dibekali pemahaman organisasi supaya nantinya siap menerima tongkat estafet kepemimpinan UKM Ciphoc. Sebagai mahasiswa, mereka akan dikenalkan sejarah gerakan mahasiswa, pemerintahan mahasiswa, revolusi pendidikan, ansos, ilmu kepemimpinan hingga managemen pameran.

"Disini kita adalah mahasiswa, jadi jangan hanya bisa motret. Mahasiswa UKM Ciphoc Unitomo harus sadar bahwa mereka adalah kaum intelektual yang memiliki tanggung jawab sosial," pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Surabaya

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES