Olahraga

170 Peserta Dalam dan Luar Negeri Siap Meriahkan Savana Duathlon Banyuwangi 

170 Peserta Dalam dan Luar Negeri Siap Meriahkan Savana Duathlon Banyuwangi  Lokasi Perhelatan Savana Duathlon 2019 di Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi (Foto : Roghib Mabrur/Times Indonesia)
Jum'at, 13 September 2019 - 16:02

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Dalam rangka mengkampanyekan hidup sehat dan mempromosikan wisata unggulan Banyuwangi. Untuk pertama kalinya Banyuwangi akan menggelar ajang duathlon. Event Savana Duathlon ini bakal digelar Minggu (15/9/2019) pukul 08.00 WIB di Taman Nasional Alas Purwo. Sebanyak 170 peserta telah siap untuk berkompetisi di ajang yang memadukan olahraga lari dan bersepeda ini.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan Savana Duathlon pertama digelar di Banyuwangi. Ajang ini melengkapi sederet event sportourism yang telah digelar oleh daerah tiap tahunnya.

“Banyuwangi rutin menggelar event olahraga dalam agenda Banyuwangi Festival, baik lari maupun bersepeda. Kali ini kami hadirkan yang menggabungkan keduanya untuk memberikan pengalaman baru bagi  wisatawan pecinta olahraga duathlon,” kata Bupati Anas.

Savana-DuathlonBanyuwangi-a.jpg

Pada gelaran yang pertama ini, Savana Duathlon mendapatkan animo yang baik dari para pecinta olahraga. Sampai dengan H-2 pelaksanaan, peserta yang mendaftar sudah mencapai 170 orang. Sebagian datang dari luar negeri seperti Austria, Belanda, Amerika dan Prancis. Sedangkan peserta nasional berasal dari Lampung, Jakarta, Surabaya, Malang, Probolinggo, Jember, Lumajang dan Bali.

“Lewat duathlon ini, kami berharap akan semakin memperbesar jangkauan wisatawan khusus tersebut," kata Anas. 

Event Savana Duathlon sendiri mengambil latar yang istimewa, yakni Taman Nasional Alas Purwo. Taman ini berstatus sebagai Geopark nasional dan Cagar Biosfir Dunia. Dengan luas 44.037 hektar banyak keindahan yang bisa dinikmati. Di antaranya terdapat keanekaragaman hayati dan budaya, yang terdiri dari 700 flora, 50 jenis mamalia, 320 burung, 15 jenis amfibi, dan 48 jenis reptil.

“Peserta bakal menikmati sensasi kompetisi lari dan bersepeda dengan rute yang eksotis sambil menghirup oksigen yang terbesih di dunia. Mereka diajak melintasi jalan-jalan yang melintasi pegunungan jati, hutan tropis yang penuh dengan flora fauna yang sangat indah. Ada Banteng, Burung Merak, Harimau dan banyak lagi, ” kata Anas.

Sedangkan dikemukakan Kepala Dinas Olahraga Wawan Yadmadi, sebanyak 170 peserta Banyuwangi Duathlon sebagian besar berisi atlet Triathlon. Triathlon adalah gabungan tiga jenis olahraga yakni lari, bersepeda, dan renang.

Sunset.jpgSunset di pantai G-Land Taman Nasional Alaspurwo. (FOTO: Roghib Mabrur/Times Indonesia)

“Terutama peserta yang datang dari luar negeri dan luar kota Banyuwangi,” ujar Wawan.

Para peserta tersbut, lanjut Wawan, tersebar ke dalam empat kategori yang dilombakan. Yakni Kategori A untuk usia 18-39 tahun, Kategori B usia 40-49 tahun, Kategori C untuk 50 tahun ke atas, dan Kategori Woman Open.

Wawan menambahkan, kompetisi ini akan mengambil start dan finis Taman Nasional Alas Purwo. Pada etape pertama, peserta akan mengawali perlombaan dengan berlari sejauh 6,4 km. Start dari Pantai Pancur menuju Triangulasi, sejauh 3,2 km dan kembali lagi ke Pancur 3,2 km.Edisi-jumat.-13-September-2019-15.jpg"Setelah itu, peserta akan melanjutkan dengan kompetisi bersepeda sejauh 27 km. Start dari Pantai Pancur menuju Rowobendo, pintu menuju Taman Nasional Alas Purwo sejauh 13,5 km dan kembali lagi ke Pantai Pancur," ujar Wawan menjelaskan rute Savana Duathlon di Banyuwangi. (*)

Jurnalis : Roghib Mabrur
Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Banyuwangi

Komentar

Registration