Ekonomi

Kementan Tetapkan Tiga Daerah Jadi Penyangga Kemandirian Pangan Ibu Kota Negara

Kamis, 12 September 2019 - 17:00 | 26.63k
Ilustrasi. Pertanian padi di Bulungan, Kalimantan Utara. (Foto: pertanian.go.id)
Ilustrasi. Pertanian padi di Bulungan, Kalimantan Utara. (Foto: pertanian.go.id)

TIMESINDONESIA, BULUNGAN – Kementerian Pertanian (Kementan) menetapkan tiga kabupaten di Kalimantan Utara (Kaltara), yaitu Bulungan, Nunukan dan Malinau, menjadi daerah penyangga kemandirian pangan ibu kota negara di Kalimantan Timur.

"Kabupaten Bulungan siap dengan dengan komoditas utama, padi, cabai dan bawang merah," kata Irjen Kementan Justan Riduan Siahaan di Tanjung Selor, Bulungan, Kaltara, Kamis (12/9/2019), dikutip dari Antara.

Dua daerah lainnya, Nunukan dan Malinau, siap dengan komoditas yang sama yakni padi, cabai, dan bawang merah. Untuk Kabupaten Malinau ditambah komoditas jagung karena sesuai potensi daerahnya.

Kemampuan Bulungan menjadi penyangga pangan ibu kota negara tidak perlu diragukan. Salah satunya tercermin dari keberhasilan kabupaten ini meraih juara umum di Pekan Daerah (Peda) II tahun 2019.

Pada kesempatan itu, Justan Riduan menyampaikan rasa kecewa Presiden Jokowi karena tidak satupun dari 33 perusahaan yang hengkang dari Cina merelokasi pabriknya ke Indonesia.

Karena itu ia berharap dengan dukungan penuh pemerintah daerah, ketiga daerah tersebut mampu menarik investor bidang pertanian, mengingat potensinya yang sangat besar.

"Jadi langkah ini butuh dukungan penuh pemerintah daerah," ucap Justan Riduan Siahaan, Irjen Kementan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES