Peristiwa - Nasional

Ilham Habibie Kenang Sosok Ayahanda: Bapak Memberikan Contoh Mengenai Cinta

Ilham Habibie Kenang Sosok Ayahanda: Bapak Memberikan Contoh Mengenai Cinta Ilham Habibie (FOTO: Istimewa)
Kamis, 12 September 2019 - 15:18

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Presiden ke-3 RI BJ Habibie selalu memberikan contoh mengenai cinta. Baik cinta suami dan istri, cinta kepada sanak saudara, pekerjaan, negara dan bangsa, termasuk dunia ini. Demikian disampaikan putra pertama Habibie, Ilham Akbar Habibie.

"Dari kaca mata kami adalah Bapak memberikan contoh mengenai cinta. Cinta suami istri, cinta kepada sanak saudara, cinta kepada pekerjaan, cinta kepada negara dan bangsa, cinta kepada dunia ini, cinta seluas-luasnya," ucap Ilham dalam sambutannya mewakili keluarga pada proses pemakaman Habibie di Taman Makam Pahlawan Kalibata Jakarta, Kamis (12/9/2019).

Menurut Ilham, setiap Jumat atau hari lain, Habibie berdoa di makam Ainun. "Begitu setia Bapak dengan Ibu sampai dengan wafat. Sekarang pun dikuburkan di sebelah Ibu. Insyaallah mudah-mudahan mereka untuk selamanya berdua di sisi Allah SWT, di akhirat, di alam baka," ucap Ilham.

Ilham menuturkan, Habibie tidak pernah berhenti untuk belajar. Selalu ada hal-hal baru yang harus dipahami. Mulai dari tantangan, masalah sampai solusi untuk mendapatkan sesuatu hal yang lebih baik. Habibie dinilai tidak pernah menyerah.

"Tidak kenal lelah untuk mencapai tujuan. Kita semua tahu. Bawasanya beliau dengan usia lanjut, dengan Bapak menderita penyakit secar paralel, Bapak tetap sedia untuk hadir di beberapa acara, memberikan berbagai macam nasehat. Dengan rasa cinta, Bapak meninggalkan dunia ini," tutur Ilham.

Ilham menyatakan, bagi ayahnya perjuangan untuk kebaikan harus senantiasa dijalankan. Misalnya perjuangan untuk mengadakan teknologi di Indonesia demi kemajuan bangsa dan negara. "Bapak pula yang perjuangkan Islam dan demokrasi di Indonesia agar supaya ditujukan kepada dunia bahwa keduanya kompatibel," ungkap Ilham.

Ilham mengajak seluruh pihak untuk belajar dari semangat Habibie. Semangat pantang menyerah. Sebelum ayahnya tutup usia, Ilham menuturkan, Habibie memanggil para keluarga dan mengingatkan pentingnya persatuan.

"Minta kita bagaimana pun dalam situasi apa pun bersatu. Dalam hal ini bisa kita terapkan di Indonesia. Keluarga Indonesia. Kita adalah keluaga semuanya. Sampai jumpa di akhirat Bapak yang tercinta. Selamat jalan dan kita mencintai Papa, Eyang, semuanya, mudah-mudahan Husnul Khatimah," ucap Ilham Akbar Habibie. (*)

Jurnalis : Hasbullah
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Jakarta

Komentar

Registration