Glutera News Glutera News

Mengapa Badan Sering Pegal dan Nyeri?

Mengapa Badan Sering Pegal dan Nyeri? (FOTO: Glutera News)
Kamis, 12 September 2019 - 16:34

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Mungkin Anda adalah salah satu dari sekian banyak orang yang sering merasa badan mudah pegal dan nyeri, tanpa tahu apa penyebab sebenarnya. Pada dasarnya, badan bisa pegal-pegal karena beberapa hal. Mulai dari gaya hidup yang kurang sehat, konsumsi obat-obatan, hingga akibat kondisi kesehatan tertentu.

Berikut ini berbagai penyebab badan sering pegal dan nyeri.

1. Kelainan pada otot

Hati-hati jika tubuh Anda mudah terasa pegal dan nyeri. Keluhan tersebut bisa disebabkan oleh kelainan otot. Masalah kelainan otot meliputi kram, keseleo, dan fibromyalgia atau gangguan otak menerima sinyal rasa sakit yang ditandai dengan nyeri muskoskeletal (tulang dan otot) serta miositis atau peradangan otot. 

2. Penumpukan asam laktat

Penumpukan asam laktat, yaitu asam yang terbentuk di dalam otot saat seseorang membutuhkan banyak energi, juga bisa menjadi penyebab lain badan mudah pegal dan nyeri. Biasanya penumpukan ini terjadi setelah melakukan olahraga berat atau secara berlebihan dan aktivitas berat lainnya.

3. Stres

Selain gangguan pada kondisi fisik, gangguan pada kesehatan mental juga dapat menjadi penyebab badan mudah pegal dan nyeri. Mengapa demikian? Orang dengan banyak beban pikiran sering kali merasa tegang karena berbagai masalah yang dihadapi membuat dirinya mudah panik, pusing, dan stres.

Saat dalam keadaan tegang, otot-otot di dalam tubuh juga ikut menegang, sehingga lama-kelamaan tubuh menjadi pegal.

4. Penggunaan obat-obatan tertentu

Penggunaan obat-obatan tertentu juga bisa menjadi pemicu badan pegal-pegal dan nyeri. Obat anti kolesterol seperti statin (atorvastatin, fluvastatin, lovastatin, pravastatin, rosuvastatin, dan simvastatin) misalnya, dapat menyebabkan efek samping yaitu badan pegal. 

5. Demam

Saat mengalami demam, tubuh akan menghasilkan zat prostaglandin. Zat ini menyebabkan tubuh mengalami reaksi inflamasi (peradangan) di seluruh tubuh, sehingga menyebabkan badan mudah pegal dan nyeri.  

Cara Mengatasi Badan Pegal-Pegal dan Lemas

Meski badan mudah pegal dan nyeri, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi badan pegal dan lemas.

1. Mengonsumsi obat pereda nyeri

Obat pereda nyeri yang bisa digunakan untuk mengatasi badan pegal-pegal adalah obat terpercaya dengan formula efektif yang memiliki kandungan ibuprofen dan paracetamol. Kedua kandungan obat ini adalah obat yang relatif ringan dan aman jika dibandingkan dengan jenis obat-obatan nyeri.

2. Stretching

Secara prinsip, semakin lentur otot, maka semakin berkurang kemungkinan otot tersebut menjadi kaku. Jadi, lakukan kegiatan yang bisa melenturkan otot. 
Salah satu yang paling mudah dilakukan adalah stretching atau meregangkan otot karena Anda bisa melakukannya kapan saja dan di mana saja. Terutama kalau Anda cenderung kurang bergerak setiap harinya karena terlalu banyak duduk.  

3. Berenang

Berolahraga juga bisa menjadi alternatif agar badan tak mudah pegal. Umumnya, semua jenis olahraga, jika dilakukan dengan tepat, dapat membantu mengatasi masalah pegal dan nyeri. Namun, berenang adalah jenis olahraga yang paling efektif untuk mengurangi pegal jika dilakukan secara rutin.

4. Pijat

Salah satu perawatan rumah yang bisa dilakukan adalah pijat. Meski begitu, pijat hanya boleh dilakukan pada beberapa bagian pada tubuh seperti pada tangan dan kaki. Namun, jika Anda merasa pegal pada area bahu dan punggung, hindari perawatan ini.

5. Nutrisi Otot

Salah satu solusi terbaik mengatasi badan pegal dan nyeri adalah, mengkonsumsi nutrisi untuk otot. Anda bisa mengonsumsi glutera collagen. Konsumsi glutera collagen bcaa sehabis aktivitas sangat membantu untuk memulihkan badan, dan pada malam hari sebelum tidur mengkonsumsi glutera glutathione untuk merecovery seluruh tubuh anda. Sehingga besok pagi bangun dengan konsdisi badan yang lebih bugar. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

Komentar

Registration