Peristiwa Internasional

Indonesia Dorong Eksplorasi Kerja Sama Bisnis di Laut Cina Selatan

Kamis, 12 September 2019 - 14:04 | 55.63k
Ilustrasi Laut Cina Selatan. (REUTERS/Stringer)
Ilustrasi Laut Cina Selatan. (REUTERS/Stringer)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Indonesia mendorong eksplorasi kerja sama bisnis di Rim Laut Cina Selatan yang merupakan kawasan strategis sangat penting dalam mendukung konektivitas global itu.

"Batam adalah salah satu daerah berkembang di Indonesia yang memiliki lebih dari 20 industrial parks. Letaknya strategis di jalur pelayaran perdagangan internasional yang menghubungkan Laut Cina Selatan ke bagian lain dunia," kata Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan (BPPK) Kementerian Luar Negeri, Dr Siswo Pramono dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Kamis (12/9/2019), seperti dikutip Antara.

Menurut Pramono, faktor konektivitas bisnis inilah yang melatarbelakangi pemilihan Batam sebagai tempat penyelenggaraan Lokakarya Penanganan Potensi Konflik Laut Cina Selatan pada 2019.

Ia menyebutkan Batam juga telah berkembang sebagai salah satu gateway Indonesia untuk ekonomi digital dan kreatif.

Menurut dia, Menlu RI Retno Marsudi dan Menlu Singapura Vivian Balakrishnan telah meresmikan Taman Digital Nongsa (NDP) di Batam.

Taman digital ini mengintegrasikan perusahaan teknologi informasi dan pengusaha digital dari Indonesia, Singapura, dan kawasan Asia Tenggara.

Dalam semangat itulah, Indonesia juga menggiring proses dialog Laut Cina Selatan ke arah kerja sama ekonomi dan pariwisata. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES