Senin, 23 September 2019
Wisata

Teh Tarik Aceh Citraland, Surga Pecinta Kuliner Serambi Mekkah di Surabaya

Teh Tarik Aceh Citraland, Surga Pecinta Kuliner Serambi Mekkah di Surabaya Bartender Rumah Makan Teh Tarik Aceh Citraland saat unjuk kebolehan membuat teh tarik Aceh. (FOTO: Dody Bayu Prasetyo/TIMES Indonesia)
Kamis, 12 September 2019 - 11:13

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Indonesia telah menjadi surga bagi penikmat kuliner tradisional. Setiap daerah di negeri ini memiliki kuliner yang khas, unik, dan tidak dijumpai di daerah lain. Salah satunya teh tarik Aceh.

Pembuatan minuman khas daerah yang dijuluki Serambi Mekkah tersebut cukup unik. Beda dengan membuat teh pada umumnya yang diaduk, minuman yang terbuat dari campuran teh dan susu ini justru dibuat dengan cara menuangkan minuman dari gelas satu ke gelas lainnya hingga beberapa kali.

Cara menuangkannya pun tidak boleh sembarangan. Minuman dituang dari gelas satu ke gelas lainnya secara vertikal tinggi-tinggi. Sehingga minuman tersebut tampak ditarik, namun sejatinya hanya dituang. Nah, dari sini lah istilah teh tarik itu didapat.

Rumah-Makan-Teh-Tarik-Aceh-2.jpg

Mengapa pembuatan teh tarik harus ditarik? Agar mendapatkan tekstur dan aroma minuman yang sempurna. Tujuan lainnya yakni untuk menghasilkan busa yang lembut pada minuman.

Tidak hanya itu, proses pembuatan teh tarik yang unik ini juga menjadi hiburan menarik bagi pemesannya.

Sebenarnya minuman teh tarik ini dapat dijumpai di daerah lain di luar Aceh. Karena minuman ini cukup mendunia, kita juga dapat menjumpai teh tarik ini di India dan Pakistan. Serta di negara-negara berpenduduk mayoritas Melayu seperti Malaysia, Brunei, dan Singapura. Di Indonesia sendiri, Aceh dikenal menjadi surganya penikmat minuman teh tarik ini.

Teh tarik Aceh akan lebih nikmat jika disajikan bersama roti canai. Atau bisa juga menjadi minuman utama saat menyantap nasi goreng Aceh dan mie goreng Aceh yang terkenal dengan kaya bumbu itu.

Namun, bagi Anda yang ingin menikmati teh tarik Aceh ini, tidak perlu datang jauh-jauh ke Aceh. Sebab, di minuman khas ini juga dapat dinikmati di Rumah Makan Teh Tarik Aceh Citraland, Surabaya, Jawa Timur (Jatim). Tepatnya di G-Walk Citraland Ruko Gateway Junction TL 6 Nomor 10, Surabaya.

Rumah-Makan-Teh-Tarik-Aceh-3.jpg

Tidak hanya menyajikan teh tarik, di sini juga di sajikan bermacam-macam menu khas Aceh. Seperti roti canai, nasi goreng Aceh, dan mie goreng Aceh dengan berbagai pilihannya. Bisa dibilang, rumah makan ini menjadi rekomendasi bahkan surga bagi penikmat kuliner tradisional dari Aceh.

Rumah Makan Teh Tarik Aceh ini juga mempertahankan cita rasa yang original dari Aceh pada semua hidangannya. Namun, juga ada sejumlah menu yang dapat disesuaikan dengan selera masyarakat di Surabaya. Sehingga, pengunjung tetap dapat menikmati hidangan dari Aceh ini.

Cut Laura Quasarina Kusworo, pemilik Rumah Makan Teh Tarik Aceh Citraland mengatakan bahwa masyarakat dapat menikmati menu hidangan asli Aceh ini dengan harga yang relatif terjangkau.

"Mulai Rp 20 ribu pengunjung bisa menikmati makanan khas Aceh," ujar Cut Laura.

Selain itu, untuk menjaga cita rasa hidangan, Cut Laura juga mendatangkan koki dan sejumlah karyawan lain dari Aceh. "Ada lima orang asli Aceh ke sini," tuturnya.

Irfan Nur, Direktur Waralaba Teh Tarik Aceh mengatakan bahwa Teh Tarik Aceh Citraland merupakan rumah makan waralabanya yang pertama di Surabaya.

"Dengan berdirinya Teh Tarik Aceh di Surabaya ini berarti sudah ada tiga kedainya. Dua di Jakarta, satu di sini," ujar Irfan.

Rencananya, sebelum 2019 berakhir waralaba teh tarik Aceh akan merambah di enam titik. "Seperti Jakarta, Bandung, dan Bali," ungkapnya. (*)

Jurnalis : Dody Bayu Prasetyo
Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Surabaya

Komentar

Registration