Selasa, 17 September 2019
Gaya Hidup

Wow, Makanan Korea Ini Bisa Mencegah Rambut Rontok

Wow, Makanan Korea Ini Bisa Mencegah Rambut Rontok Makanan khas Korea, Kimchi. (iStockphoto)
Kamis, 12 September 2019 - 07:17

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Penggemar drama korea tentu sudah tidak asing dengan kimchi. Makanan enak hasil fermentasi ini selalu muncul saat sesi makan pada drama korea. Tahukah Anda jika kimchi memiliki manfaat untuk mencegah rambut rontok?

Para ilmuwan dari Universitas Dankook di Korea Selatan melakukan penelitian terhadap 23 peserta pria dan 23 peserta wanita dengan cara memonitori pertumbuhan rambut mereka dalam kurun waktu empat bulan. Para wanita ini mengonsumsi minuman yoghurt yang mengandung kimchi dan cheuonggukjang sebelum sarapan dan sebelum tidur. Cheonggukjang adalah produk fermentasi kedelai.

Para peneliti mengukur panjang rambut setiap peserta setelah sebulan dan tiga bulan kemudian. Hasilnya, terdapat pertumbuhan secara signifikan dalam ketebalan pada 93 persen peserta, bahkan mampu mengurangi kerontokan. Sebagai tambahan, semua peserta diharuskan keramas sebelum mengunjungi rumah sakit dan melarang mereka untuk melakukan perawatan rambut apapun seperti gel atau kosmetik.

Sebenarnya, efek ini lebih terasa pada pria, dalam perbedaan ketebalan rambut (30.4 persen) dan jumlah helai rambut (26.1 persen), jadi parameter keduanya adalah 39.1 persen. Kabar baik untuk para wanita, kebanyakan peserta wanita menunjukkan efek positif pada kedua parameter (65.2 persen).

Sayangnya, penelitian ini memang masih terbatas, karena jangka waktu yang tergolong singkat dan peserta yang jumlahnya relatif sedikit.

Meski demikian, tak ada salahnya Anda mencoba makanan enak ini untuk menjaga kesehatan rambut, terutama untuk mencegah rambut rontok. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani
Sumber : Cosmopilitan

Komentar

Registration