Selasa, 17 September 2019
Gaya Hidup

Manfaat Rumput Laut untuk Kulit, Bisa Mencegah Penuaan Lho!

Manfaat Rumput Laut untuk Kulit, Bisa Mencegah Penuaan Lho! ILUSTRASI - Rumput Laut. (FOTO: Kaskus)
Kamis, 12 September 2019 - 00:33

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tak hanya populer untuk dikonsumsi, rumput lain juga merupakan salah satu bahan favorit untuk produk kosmetik dan perawatan kulit. Rumput laut ternyata memberikan banyak manfaat untuk kecantikan kulit. Rumput laut bisa mencegah penuaan pada kulit, lho.

Dilansir dari Hello Sehat, penelitian pada tahun 2002 memperlihatkan adanya manfaat yang diperoleh dari ekstrak Fucus vesiculous, salah satu jenis rumput laut. Para peneliti membuat sebuah gel yang terbuat dari ganggang air tersebut.

Gel yang berisi ekstrak rumput laut jenis itu pun kemudian dioleskan ke pipi para partisipan selama 5 minggu berturut-berturut. Hasilnya, terdapat peningkatan elastisitas kulit.

Umumnya, seiring bertambahnya usia, kulit manusia akan menjadi lebih tebal dan kehilangan elastisitasnya. Penggunaan ekstrak Fucus vesiculous ini pun membawa angin segar untuk perawatan kecantikan kulit, khususnya penuaan.

Selain itu, kandungan vitamin, mineral, asam amino, antioksidan pada rumput laut pun turut menjadi pendukung dalam mencegah penuaan kulit Anda.

Fitonutrien yang ada di dalam ganggang berwarna hijau ini juga dapat memperlancar aliran darah, sehingga membantu mengeluarkan racun dari pori-pori.

Untuk mendapatkan manfaat rumput laut ini, ada baiknya untuk mencari produk yang mengandung nutrisi ascophyllum nodosum seaweed, dibandingkan memakai yang belum diolah. Kandungan tersebut disinyalir bisa mengurangi kerusakan kulit akibat berjemur di bawah sinar matahari dan menjaga warna kulit tetap merata serta terlihat sehat.

Meski bermanfaat mencegah penuaan, jangan konsumsi rumput laut secara berlebihan. Sebaiknya kombinasikan perawatan rumput laut dengan sumber makanan sehat lainnya untuk manfaat yang optimal. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Komentar

Registration