Wisata

Pesona Alam dan Kebudayaan Desa Wisata Paksebali Klungkung Bali

Kamis, 12 September 2019 - 06:28 | 766.75k
Salah satu obyek wisata di Desa Paksebali Klungkung Bali. (Foto: Imadudin M/TIMES Indonesia)
Salah satu obyek wisata di Desa Paksebali Klungkung Bali. (Foto: Imadudin M/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, KLUNGKUNGDesa Wisata Paksebali Klungkung Bali kini menjadi salah satu desa wisata yang layak dikunjungi. Desa Paksebali yang terletak di Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali ini menawarkan keberagaman budaya, seni, dan wisata alam.

Para pengunjung bisa menikmati berbagai keindahan budaya dan wisata alam ini dengan mengikuti paket perjalanan wisata Desa Paksebali. Paket ini akan mengajak para pengunjung berjalan ke tempat industri perumahan, pengrajin, tempat ibadah, hingga ke wisata Kali Unde. Setiap perjalanan wisata ini nanti akan dipandu oleh seorang guide.

Desa-Wisata-Paksebali-2.jpg

Untuk dapat menikmati paket perjalanan ini, para pengunjung hanya perlu membeli tiket seharga Rp 200 ribu, di Paksebali Homestay, yang berada Jalan Raya Sidemen, Desa Paksebali, Kabupaten Klungkug, Bali.

Selain tempat pembelian tiket, para pengunjung yang berminat merasakan bermalam di rumah Bali, bisa melakukan reservasi kamar di sini. Ada 4 pilihan kamar yang bisa dipesan dengan harga mulai dari Rp 100 ribu.

Perjalanan wisata Desa Paksebali ini dimulai dengan mengunjungi salah satu rumah produksi makanan tradisional Bali. Kemudian, dilanjutkan dengan menyaksikan langsung pembuatan kain tenun Endek. Para pengunjung juga bisa mencoba langsung pembuatan kain tenun di sini. Jika tertarik dengan kain tenun, para pengunjung juga bisa membeli langsung kain yang sudah jadi di etalase yang telah disediakan.

Setelah itu, perjalanan akan dilanjutkan ke pengrajin gamelan Bali. Perjalanan di tempat ketiga ini, para pengunjung akan disajikan langsung proses pembuatan Gamelan, dari proses melelehkan besi, hingga mencetak besi menjadi Gamelan. Pada area ini, nuansa Bali pedesaan sangat terasa. Ruang pembuatan gamelan ini pun masih cukup tradisional.

Desa-Wisata-Paksebali.jpg

Dari pembuatan gamelan, para pengunjung akan diajak untuk melihat proses pembuatan payung Bali. Mulai dari membuat kerangka payung, melukis motif payung, hingga merangkai semua bahan menjadi Tedung atau payung.

Kemudian, para pengunjung akan diajak untuk melihat Pura Panti Timbrah, salah satu tempat ibadah yang memiliki banyak sejarah. Pengunjung akan melihat kemegahan Pura dengan berbagai oramen khas Bali.

Pada pura ini juga ada juga pementasan Barong Landung, Nong-nong Kling, Dewa Masraman, dan Lukat Geni. Namun, pementasan ini tidak berlangsung setiap hari, dan hanya bisa disaksikan saat ada kegiatan ibadah agama Hindu atau upacara adat.

Setelah berkeliling di Desa Paksebali Klungkung, pengunjung akan diajak ke Wisata Kali Unda. Destinasi akhir ini akan menyuguhkan pemandangan alam dari Dam Sungai Unda. Pengunjung bisa menyaksikan aktivitas warga di sungai, sembari menikmati sajian makan siang.

Tak hanya itu, bendungan selebar sekitar 50 meter, membentuk aliran sungai atau tukad Unda berupa air terjun, seperti sebuah tirai panjang dan bertingkat. Bagi pecinta seni foto tempat ini tentulah sangat menarik untuk dijadikan latar yang cukup spesial, apalagi mereka yang ingin melakukan pemotretan prewedding, tentu tempat ini akan menjadi sebuah tempat istimewa.Hal-E-12-September.jpgKawasan Desa Wisata Paksebali ini saat ini masih terus dikembangkan. Rencananya, potensi alam dan kebudayaan masyarakat akan didukung dengan pengembangan pentas seni dan budaya Seni Tari Lente, Tari Topeng, Pedalangan, Seni Tabuh, Wirama, Persantian, Luka Geni, Dewa Mesraman dan Ngelawang.

"Kami akan terus berupaya mengembangkan dan melengkapi fasilitas wisata, salah satunya pementasan budaya tari. Nanti juga akan ada track wisata alam ke Bukit Mandean dan Taman Seganing," kata Kepala Desa Paksebali, I Putu Ariadi, pada TIMES Indonesia.

Putu juga menambahkan pembangunan Desa Wisata Paksebali ini akan berlangsung bertahap, sebab selama ini masih mengandalkan anggaran desa, yang dialokasikannya sebesar 30 persen khusus untuk pengembangan pariwisata.

Bagi yang ingin menikmati Desa Wisata Paksebali Klungkung Bali bersama keluarga tercinta, dan sahabat dapat segera melakukan reservasi di nomor telepon +62877 3058 2175 atau booking via website paksebalivillage.com. Untuk informasi bisa dapat mengikuti melalui media sosial seperti Instagram @Paksebalivillage, dan Facebook @Paksebalivillage. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Bali

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES