Pemerintahan

Capim Lili Pintauli Janji Perbaiki Komunikasi KPK-LPSK

Rabu, 11 September 2019 - 17:33 | 33.88k
Calon pimpinan KPK Lili Pintauli (FOTO: Istimewa)
Calon pimpinan KPK Lili Pintauli (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Calon Pimpinan (Capim) KPK Lili Pintauli Siregar berjanji untuk memperbaiki pola komunikasi lembaga anti korupsi tersebut dengan lembaga lain, khususnya Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK).

"Bahkan para anggota LPSK yang terpilih sekarang belum bisa bertemu dengan pimpinan KPK. Saya sepuluh tahun di LPSK juga kesulitan," kata Lili dalam uji kelayakan capim KPK di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (11/9/2019).

Lili yang merupakan mantan Wakil Ketua LPSK menceritakan saat dirinya menjadi pimpinan lembaga itu mengaku sangat sulit berkomunikasi dengan lembaga KPK.

Ketika LPSK ingin melakukan perlindungan saksi terhadap para tersangka, namun tidak bisa karena ketidakterbukaan KPK.

Lili menceritakan dirinya pernah melakukan inisiatif melakukan perlindungan saksi di salah satu kasus yang ditangani KPK, yaitu dengan mencari alamat dan nomor saksi tersebut.

Namun, menurut dia, ketika berkomunikasi dengan KPK, tanggapan lembaga tersebut sangat berbeda karena menanyakan hal yang tidak diduganya.

‎"Kita mendapatkan akses dan alamat yang tidak diberi KPK. Saat kita berkomunikasi dengan KPK, mereka katakan 'Anda dapat darimana?'. Kalau seperti itu susah berkolaborasi dengan KPK," katanya.

Dia berjanji apabila dirinya menjadi pimpinan KPK, akan memperbaiki komunikasi tersebut sehingga perlindungan para saksi yang ada di KPK bisa terpenuhi.

Dari sisi internal KPK, Lili menilai belum melihat pimpinan KPK turun memantau proses penyidikan dan penyelidikan karena penanganan langsung bisa dilakukan pimpinan dalam sebuah kasus.

‎"Bolehkan pimpinan KPK turun ke bawah, mulai tingkat penyidikan, penyelidikan, saya ingin melihat itu. Saya ingin melihat turun ke bawah harus tanpa melalui deputi‎," ujarnya.

Ia juga mengapresiasi kinerja KPK yang ada saat ini. Misalnya dari sisi pencegahan sudah berjalan seperti di daerah Tangerang Selatan, yaitu masyarakat mulai terjun langsung mencegah korupsi.

Oleh karenanya, capim KPK Lili Pintauli menilai pencegahan yang dilakukan KPK bisa terus dijalankan karena menjadi bagian penting di lingkungan masyarakat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES