Kesehatan

Yuk, Konsumsi Makanan Sehat Ini untuk Menjaga Kesehatan Pernapasan

Rabu, 11 September 2019 - 06:26 | 346.31k
Ilustrasi - Tips sehat untuk menjaga kesehatan pernafasan (FOTO: doktersehat)
Ilustrasi - Tips sehat untuk menjaga kesehatan pernafasan (FOTO: doktersehat)

TIMESINDONESIA, JAKARTAKesehatan pernapasan juga sangat penting untuk diperhatikan. Memiliki pola hidup sehat cukup penting untuk menjaga kesehatan organ pernapasan, termasuk mengonsumsi makanan yang dipercaya dapat meningkatkan fungsi sistem pernapasan.

Ada beberapa jenis makanan yang bisa membantu mengoptimalkan kesehatan organ pernapasan Anda. Berikut ini makanan yang bisa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan pernapasan.

1. Buah dan sayur

Makanan yang kaya akan antioksidan dan vitamin dipercaya dapat meredakan peradangan pada sistem pernapasan Anda. Contohnya, buah jeruk atau sayuran berdaun hijau yang mengandung vitamin C. Kandungan vitamin C yang tinggi ternyata membantu mencegah paru-paru rusak akibat terkena asap rokok. 

Selain itu, buah dan sayur mengandung antioksidan yang dapat menetralisir radikal bebas dan memperbaiki jaringan paru-paru.

2. Ikan dan asam lemak omega-3

Ikan yang berasal dari laut, seperti salmon, berisi asam lemak omega-3 yang membantu membersihkan salah satu bakteri yang dapat menyebabkan peradangan paru. 

Seperti yang dijelaskan seorang profesor dari Fakultas Kedokteran University of Rochester, asam lemak omega-3 yang diujicobakan kepada tikus dapat membantu meningkatkan fungsi paru. Akan tetapi, masih dibutuhkan penelitian yang lebih lanjut untuk benar-benar mengerti bagaimana senyawa ini dapat berguna di dalam tubuh manusia, khususnya organ pernapasan. 

3. Yoghurt

Pada tahun 2013 terdapat sebuah penelitian yang menunjukkan manfaat yoghurt terhadap sistem pernapasan manusia. Penelitian yang diikuti oleh 46 perenang wanita ini memperlihatkan bahwa terdapat pengurangan risiko gejala infeksi pernapasan yang sering diderita oleh perenang.

Makanan yang sudah disebutkan di atas memang baik untuk kesehatan pernapasan Anda. Tidak hanya makanan saja, Anda pun wajib menjalani pola hidup sehat, seperti menjauhi asap rokok dan memakai masker untuk mengurangi paparan polusi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : Hello Sehat

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES