Selasa, 17 September 2019
Kesehatan

Pilihan Sarapan Sehat untuk Penderita Diabetes

Pilihan Sarapan Sehat untuk Penderita Diabetes ILUSTRASI - Sarapan Sehat. (FOTO: shutterstock)
Selasa, 10 September 2019 - 04:35

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sarapan merupakan waktu makan yang sebaiknya tidak dilewatkan. Banyak manfaat sarapan untuk kesehatan, termasuk untuk para penderita diabetes. Sarapan berperan mengelola kadar gula darah. Namun jangan sembarang sarapan. Salah satu menu sarapan yang baik dikonsumsi penderita diabetes adalah susu.

Dalam Journal of Dairy Science, mengonsumsi susu saat sarapan dapat membantu menurunkan glukosa darah sepanjang hari. Douglas Goff dan tim ilmuwan dari Human Nutraceutical Research Unit di University of Guelph, bekerja sama dengan University of Toronto, meneliti efek mengonsumsi susu protein tinggi saat sarapan pada kadar glukosa darah serta rasa kenyang setelah sarapan dan setelah makan kedua.

Mereka menemukan, susu yang dikonsumsi dengan sereal sarapan mengurangi konsentrasi glukosa darah postprandial dan hasil itu lebih tinggi pada susu berprotein tinggi.

Dalam studi acak, tim meneliti efek peningkatan konsentrasi protein dan meningkatkan proporsi protein whey dalam susu yang dikonsumsi dengan sereal pada glukosa darah, perasaan kenyang, dan konsumsi makanan.

Pencernaan protein whey dan kasein yang secara alami ada dalam susu melepaskan hormon di dalam lambung yang memperlambat pencernaan dan meningkatkan perasaan kenyang.

Hasilnya, susu yang ditambah proporsi protein whey-nya, berefek menurunkan glukosa darah lebih besar sebelum makan siang daripada susu biasa.

Untuk mendapatkan manfaat sarapan di atas, penderita diabetes bisa mengonsumsi susu. Susu bisa membantu pencernaan karbohidrat yang lebih lambat dan untuk membantu menjaga kadar gula darah yang lebih rendah. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Komentar

Registration