Selasa, 17 September 2019
Peristiwa - Daerah

Alumni Ponpes An Nur 2 Malang Bersepeda ke Afrika, Ini Misi yang Dibawa

Alumni Ponpes An Nur 2 Malang Bersepeda ke Afrika, Ini Misi yang Dibawa Alumni Ponpes An Nur 2 Malang (FOTO: Istimewa)
Senin, 09 September 2019 - 16:44

TIMESINDONESIA, MALANG – Hakam Mabruri, alumni Ponpes An Nur 2 Bululawang Malang akan bersepeda ke Afrika. Perjalanan bertajuk 'The Glorius Santri Journey in Africa' itu Hakam membawa misi perdamaian. 

Hakam ingin memberitahukan pada dunia internasional bahwa Indonesia yang mayoritas muslim adalah negara yang ramah dan penuh toleransi. 

Ia juga ingin menunjukkan kepada dunia bahwa pesantren bisa mencetak santri-santri dengan pemikiran maju.

Hakam-Mabruri-a.jpg

"Saya berharap perjalanan ini dapat membukakan mata dunia bahwa Islam itu damai dan penuh toleransi, dan satri di Indonesia juga memiliki pemikiran yang maju," sebut pria satu anak ini.

Selama perjalanan, Hakam akan mentadzaburi alam dengan singgah di tempat bersejarah dari semua agama.

Di Afrika, ia akan menjelajahi 14 negara, diantaranya Sudan- Etiopia- Kenya- Uganda- Rwanda- Tanzania- Mozambiq- Malawi- Zambia- Zimbabwe- Botswana- Namibia- Afrika Selatan.

Hakam akan memulai perjalanan panjangnya dari Ponpes An Nur 2 Bululawang Kabupaten Malang pada 10 September. Ia akan melalui beberapa daerah, seperti Sidoarjo, Semarang, Yogyakarta, Bandung, Bekasi dan Jakarta.

Hakam akan meninggalkan anak dan istrinya selama 12 bulan.

Hakam-Mabruri-b.jpg

Perjalanan ini bukan pertama kalinya. Sebelumnya Hakam kerap melakukan perjalanan jauh menggunakan sepeda. Tercatat pada tahun 2011 Hakam melakukan perjalanan dari Malang-Palembang pada tahun 2011, Batu-Flores pada tahun 2011, Malang-Sulawesi-Kalimantan-Sabah-Brunei-Serawak-Kalimatan-Palembang-Jakarta-Malang pada tahun 2012, Malang-Lombok di akhir 2012, dan Malang-Mekkah 2016-2018.

Tak lupa Hakam, alumni Ponpes An Nur 2 Bululawang Malang itu meminta doa restu dari semua pihak, agar perjalanannya bersepeda ke Afrika dalam 'The Glorius Santri Journey in Africa' dapat berjalan lancar hingga kembali ke Tanah Air. (*)

Jurnalis : Dhina Chahyanti
Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Malang

Komentar

Registration