Senin, 23 September 2019
Peristiwa - Internasional

Komunitas Indonesia-Australia di Newcastle Rayakan HUT Kemerdekaan RI

Komunitas Indonesia-Australia di Newcastle Rayakan HUT Kemerdekaan RI Konsul Jenderal Republik Indonesia di Sydney, Heru Hartanto Subolo hadir beserta isteri sebagai tamu kehormatan di Indonesian Independence Day Dinner (Foto: istimewa)
Senin, 09 September 2019 - 07:22

TIMESINDONESIA, AUSTRALIA – Untuk memperingati HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia, Indonesian Australian Community (IAC) of Newcastle and Hunter Region menyelenggarakan acara Indonesian Independence Day Dinner.

Digelar pada pada Sabtu (7/9/2019) di Restoran Tiger Cardiff RSL, Newcastle, kegiatan dihadiri sekitar 100 orang anggota komunitas Indonesia dan Australia di kawasan Newcastle dan Hunter, New South Wales. 

Konsul Jenderal Republik Indonesia di Sydney, Heru Hartanto Subolo yang hadir beserta isteri sebagai tamu kehormatan merasa gembira melihat tingkat keterwakilan masyarakat Indonesia dan masyarakat Australia pada acara perayaan yang sangat berimbang tersebut.

"Hal tersebut merupakan refleksi kedekatan hubungan Indonesia dan Australia, yang sudah terjalin jauh sebelum Indonesia mencapai kemerdekaan," lanjut Konjen Subolo.

TIMES-Indonesia-KJRI-Sydney-Newcastle-02.jpg

Menurutnya, hubungan Indonesia dan Australia saat ini berada pada tingkatan yang sangat baik, telah meningkat menjadi sebuah kemitraan Komprehensif Strategis. "Saya mengajak masyarakat Indonesia dan masyarakat Australia di Newcastle dan Hunter untuk turut berkontribusi pada implementasi kemitraan komprehensif strategis tersebut," ajak Konjen Subolo menutup sambutannya.

IAC setiap tahun memperingati HUT Kemerdekaan Indonesia melalui penyelenggaraan Indonesian Independence Day Dinner (IIDD), yang dihadiri ratusan anggota komunitas Indonesia dan anggota komunitas Australia. Dari total 322.000 penduduk di Newcastle (sensus penduduk tahun 2016), sebanyak 200 orang diantaranya adalah masyarakat/keturunan Indonesia.

Sebagaimana penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya, pada IIDD 2019 ini para tamu undangan selain menikmati santap malam, juga disuguhkan rangkaian penampilan seni dan budaya Indonesia, antara lain Tari Topeng Bali, tari tradisional tanah Toraja dan Tari Kipas. Rangkaian acara diakhiri dengan parade busana Nusantara, menampilkan kekayaan seni budaya dan fesyen Indonesia.

TIMES-Indonesia-KJRI-Sydney-Newcastle-03.jpg

Setiap tahun, masyarakat Indonesia di wilayah kerja KJRI Sydney yang mencakup negara bagian New South Wales, Queensland, dan Australia Selatan, didukung KJRI Sydney, secara reguler menggelar perayaan HUT Kemerdekaan RI, baik dalam bentuk Upacara Bendera, Pesta Rakyat, Bazaar, maupun Jamuan Makan yang dihadiri bukan hanya oleh masyarakat Indonesia, tetapi juga perwakilan masyarakat Australia.

IAC sendiri merupakan sebuah organisasi non-profit, beranggotakan baik masyarakat Indonesia maupun Australia di daerah Newcastle dan Hunter yang memiliki kecintaan pada Indonesia dan pada pemajuan hubungan bilateral Indonesia-Australia. (*)

Jurnalis : Ferry Agusta Satrio
Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : TIMES Australia

Komentar

Registration