Selasa, 17 September 2019
Peristiwa - Daerah

FKPPSB Gelar Lomba Membuat Gasing Secara Manual

FKPPSB Gelar Lomba Membuat Gasing Secara Manual Peserta lomba membuat gasing di hari pertama pada festival kuliner kampung lembah (Foto: Istimewa)
Sabtu, 07 September 2019 - 23:47

TIMESINDONESIA, BONTANG – Forum Komunikasi Putra Putri Sulawesi Barat (FKPPSB) menggelar lomba membuat gasing secara manual di kampung Lembah, Kelurahan Berbas Tengah Kecamatan Bontang Selatan Bontang, Sabtu (7/9/2019).

Lomba yang digelar selama dua hari hingga esok ini sudah melalui lomba di hari pertama Sabtu (7/9/2019) sore.

Membuat-Gasing-2.jpg

Yang menarik dalam lomba permainan rakyat ini yakni pembuatannya dilakukan dengan menggunakan alat bantu berupa parang.

"Biasanya pakai alat bantu ketam dan sebagainya, tapi sekarang dibuat tertantang dengan menggunakan parang, jadi keliatan tingkat kesulitannya," ujar Ketua FKPPSB, Syarifuddin kepada Bontang TIMES, Sabtu (7/9/2019) malam. 

Syarif menjelaskan jika lomba Gasing yang merupakan rangkaian kegiatan Festival Kuliner bulanan masyarakat Mamuju Sulawesi Barat (Sulbar) ini nantinya akan dinilai pada tingkat kesulitan pembuatan Gasing. "Nanti dinilai dari tingkat kesulitannya, kerapiannya hingga ketika digunakan putarannya bagus," jelasnya. 

Membuat-Gasing-3.jpg

Sejak dibuka antusiasme peserta dalam lomba yang digarap forum anak muda Mamuju yang berdiri sejak tahun 2014 tersebut cukup tinggi. Sebanyak 37 orang tua dan muda turut serta dalam lomba yang baru pertama digelar ini. "Peserta lomba season 1 sebanyak 10 orang dan besok insyaAllah 27 orang," jelasnya lagi. 

Syarif yang juga aktivis dalam pembinaan pemuda di wilayahnya ini mengajak masyarakat Kota Bontang untuk datang meramaikan festival kuliner masakan Mamuju dan nusantara ini. 

"Ayo meriahkan festival kuliner warga kami, banyak makanan unik dan kaya rasa dalam kegiatan nanti, selain itu akan dihibur juga musik daerah yang dinyanyikan penyanyi setempat," harapnya. 

Diketahui, selama ini berbagai kegiatan lomba telah digelar FKPPSB untuk meramaikan festival kuliner tersebut, diantaranya Festival Karaoke Nusantara  2015, Fashion Show Nusantara 2016 hingga 2018, Lomba Resi Padang, Bulutangkis pakai raket papan dan membuat gasing secara manual. (*)

Jurnalis : Kusnadi
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : Bontang TIMES

Komentar

Registration