Pemerintahan

Wali Kota Malang Ajak Masyarakat Tingkatkan Literasi dengan Baca Buku

Sabtu, 07 September 2019 - 19:58 | 59.02k
Wali Kota Malang Sutiaji saat menghadiri ulang tahun ke-16 Intrans Publishing di Hotel Atria, Kota Malang. (Foto: Humas Pemkot Malang for TIMES Indonesia)
Wali Kota Malang Sutiaji saat menghadiri ulang tahun ke-16 Intrans Publishing di Hotel Atria, Kota Malang. (Foto: Humas Pemkot Malang for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANGWali Kota Malang Sutiaji mengajak masyarakat Bhumi Arema untuk meningkatkan literasi dengan membaca buku. Tujuannya adalah untuk menambah pengetahuan dan wawasan masing-masing masyarakat.

Hal tersebut ditegaskan Sutiaji saat menghadiri ulang tahun ke-16 Intrans Publishing dengan tajuk “Menulis, Mengubah Wajah Peradaban” di Hotel Atria, Kota Malang, Sabtu (7/9/2019).

Permasalahan literasi, kata Sutiaji, tidak saja menjadi masalah di Kota Malang melainkan menjadi masalah nasional. Karena itu, upaya meningkatkan literasi masyarakat melalui gemar membaca buku harus dilakukan dengan menyasar ke berbagai kalangan.

“Harus diakui literasi Kota Malang ini masih lemah. Membaca buku masih kurang, karena itu kita bertekad terus meningkatkan literasi,” kata Sutiaji.

Dikatakan pula, dunia pengetahuan tidak memiliki batas usia dan harus digali oleh siapapun. Karena itu, lanjut dia, kegiatan membaca merupakan salah satu cara membuka cakrawala ilmu harus lebih digiatkan dan tentu ada peran pemerintah di dalamnya.

“Karena itu saya mengajak ayo dari Malang kita tingkatkan hal ini untuk Indonesia bahkan terlebih untuk dunia,” tandasnya.

Pada kesempatan itu, Sutiaji juga meminta kepada perguruan tinggi agar dalam melakukan penelitian hasilnya bisa langsung dirasakan oleh masyarakat manfaatnya.

“Di Kota Malang, banyak perguruan tinggi. Saya meminta kepada para pimpinan perguruan tinggi agar penelitian itu bisa langsung ‘landing’ dan hasilnya dirasakan masyarakat,” bebernya.

Wali Kota Malang juga menceritakan pengalamannya menjadi penulis resensi buku pada saat masih menjadi mahasiswa.

Sutiaji berharap peran dari berbagai pihak terutama penerbit buku dan pihak perguruan tinggi dapat efektif meningkatkan minat baca buku kepada masyarakat, sehingga tingkat literasi dan pengetahuan warga juga meningkat.

“Saya dulu waktu kuliah menjadi penulis resensi buku. Hasil dari menulis itu untuk biaya sehari-hari dan membayar kuliah,” ujar Wali Kota Malang Sutiaji. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES