Pendidikan

Sinergi Akademisi FEB UB dengan Pimpinan Bank Mandiri

Jumat, 06 September 2019 - 13:10 | 241.96k
FEB UB menjalin kerjasama dengan PT. Bank Mandiri (Persero). (FOTO: Istimewa)
FEB UB menjalin kerjasama dengan PT. Bank Mandiri (Persero). (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, MALANGUniversitas Brawijaya (UB) melalui program studi Ekonomi Keuangan dan Perbankan (PS EKP) Jurusan Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) berhasil menjalin kerjasama dengan PT. Bank Mandiri (Persero), Tbk (3/9/19). Kerjasama yang telah diikhtiarkan sejak lima bulan yang lalu itu akhirnya dapat terealisasikan dengan adanya penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) di Aula Utama Gedung F Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Alasan mendasar dilakukannya kerjasama ini ialah guna mengimbangi dinamisasi permintaan pasar tenaga kerja serta peningkatan ilmu pengetahuan di bidang Keuangan dan Perbankan. Selain itu, Dr. rer. pol. Wildan Syafitri selaku Ketua Jurusan Ilmu Ekonomi (JIE) FEB-UB juga menyampaikan bahwa kerjasama ini merupakan komitmen Jurusan untuk senantiasa melakukan continuous improvement.

Sambutan yang diberikan oleh Ketua JIE direspon baik oleh Pitra Dwi Yuniyanto selaku Kepala PT. Bank Mandiri (Persero), Tbk. area Malang dengan mengungkapkan bahwa:
“Besar harapan kami semoga nanti program ini bisa mewujudkan satu-satunya spiritnya bank mandiri, yaitu spirit memakmurkan negeri. Bank mandiri sudah lama, kita memakmurkan negeri ini, kita membangun banyak hal di negeri ini, termasuk salah satunya adalah Pendidikan. Ucap Pitra.

MOU-FEB-UB-bank-Madiri.jpg

Program yang dimaksudkan ialah program karyasiswa program integrasi magang dan skripsi  bagi mahasiswa PS EKP Fakultas Ekonomi dan Bisnis UB. Secara lebih jauh, Dekan FEB  UB, Nurkholis, SE., M. Bus (Acc)., Ak., Ph.D. mengapresiasi bentuk kerjasama ini karena dampak positif signifikan yang akan diberikan bagi kinerja fakultas. Menurutnya, PS EKP yang hingga saat ini merupakan satu-satunya program studi eksklusif dalam mencetak profesional-profesional bidang keuangan dan perbankan di Indonesia, akan menjalin kerjasama yang bersifat mutualisme Bersama dengan Bank Mandiri.

Program karyasiswa ini diharapkan dapat mempercepat kelulusan mahasiswa dan mengurangi masa tunggu lulusan dalam memperoleh pekerjaan. Di samping itu, program ini juga diharapkan dapat menjadikan FEB UB sebagai lembaga yang berperan dalam penyediaan tenaga kerja ahli sesuai ekspekstasi para pengguna dibidang keuangan dan perbankan.

Program karyasiswa kerjasama FEB UB dengan Bank Mandiri ini akan men-setting mahasiswa PS EKP untuk melakukan magang selama 3 bulan lamanya guna menyerap ilmu-ilmu praktis yang ada Bank Mandiri. Tiga opsi pendalaman praktek yang ditawarkan oleh Bank Mandiri ialah terkait branch, treasury, dan micro and consumer loan. Setyo Tri Wahyudi, Ph.D., selaku Ketua PS EKP menjelaskan bahwa program ini juga bagian dari sinergitas antara akademisi dan praktisi dibidang keuangan dan perbankan.

feb-ub.jpg

“Tidak hanya KKN saja untuk mahasiswa tapi 3 bulan ini nanti mahasiswa itu akan dibimbing langsung oleh teman-teman Bank Mandiri yang automatically mereka itu dari sisi kualitas keilmuan sebagai praktisi juga lebih baik dari pada kami di Lembaga FEB karena kami hanya dari sisi teoiritis namun mereka juga praktis. Ungkap Setyo.

Para pimpinan FEB UB serta Perwakilan dari PT. Bank Mandiri (Persero), Tbk. meletakkan harapan besar pada para mahasiswa agar dapat memanfaatkan dan berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan program ini. Kegiatan Penandatangan Perjanjian Kerjasama yang dilakukan oleh Dekan FEB UB dan Head of Government Bussines Regional Jawa 3, Bapak Ahmad Fauzi ini ditutup dengan pengambilan foto bersama sebagai bentuk dokumentasi dari awal kerjasama yang diharapkan mampu  memberikan kontribusi dalam memakmurkan negeri menjadi Indonesia yang lebih baik. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES