Indonesia Positif Ketahanan Informasi Pendidikan

Dosen FIA UB Malang Pelopori SMART Health, Apa Itu?

Kamis, 05 September 2019 - 07:08 | 81.09k
Kader kesehatan mengantarkan obat kepada pasien risiko tinggi. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Kader kesehatan mengantarkan obat kepada pasien risiko tinggi. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Pendidikan

TIMESINDONESIA, MALANG – Dosen FIA UB Malang, Dr Sujarwoto menjadi pelopor kegiatan pengabdian masyarakat melalui inovasi program SMART health di Desa Sepanjang Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang.

Program SMART health adalah inovasi program di bidang layanan kesehatan berbasis teknologi digital. Sujarwoto menjelaskan inovasi ini merupakan terobosan baru layanan dasar tata laksana risiko penyakit jantung untuk mengatasi buruknya layanan kesehatan di pedesaan.

SMART health memiliki keunggulan utama: inovatif, sederhana, berbasis teknologi smartphone yang murah, melibatkan tenaga kesehatan yang lebih banyak dengan ongkos yang lebih murah, sistem pengambilan keputusan klinis berbasis elektronik, dan berbasis bukti, kualitas terkontrol terjamin dengan biaya terjangkau.

Hasil pelaksanaan kegiatan ini sangat positif. Dari 12 orang kader SMARThealth mampu melakukan cek kesehatan dengan baik. Dari hasil skrining risiko penyakit kardiovaskular ditemukan bahwa sekitar 1 dari 4 orang penduduk yang diperiksa (26%) diidentifikasi memiliki risiko penyakit kardiovaskular tinggi dan kemudian dirujuk ke dokter atau perawat untuk perawatan lebih lanjut.

Sebagian besar mereka yang berisiko tinggi dikunjungi kembali oleh kader untuk memastikan keberlanjutan perawatan. Dengan memperluas pelaksanaan program ini ke desa desa lainnya, dampak potensial program ini untuk menghindari kematian dini dan kecacatan akibat stroke dan penyakit jantung koroner sangatlah besar.

Dosen FIA UB Malang, Dr Sujarwoto berharap program SMARThealth ini dapat meningkatkan kesadaran warga untuk memeriksakan kesehatannya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES