Kesehatan

Tips Mudah Mengobati Tipes di Rumah Agar Cepat Sembuh

Kamis, 05 September 2019 - 01:48 | 2.43m
Ilustrasi tipes. (Dream)
Ilustrasi tipes. (Dream)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sakit tipes disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella typhi. Biasanya orang yang terkena tipes dengan kondisi yang cukup parah harus menjalani rawat inap agar kondisinya cepat membaik. Namun jika gejalanya tidak parah, pasien bisa melakukan rawat jalan. Bagaimana mengobati tipes agar cepat sembuh saat melakukan rawat jalan?

Dilansir dari Hello Sehat, berikut berbagai cara sederhana untuk mengobati di rumah agar cepat sembuh.

1. Makan makanan tinggi kalori

Anda wajib mengonsumsi makanan yang mengandung kalori tinggi sebagai cara mengobati tipes di rumah. Makanan berkalori tinggi menyediakan cukup energi bagi sistem imun melawan infeksi agar bisa pulih lebih cepat. Selain itu, makanan tinggi kalori membantu mencegah penurunan berat badan saat Anda sakit tipes.

2. Makan makanan tinggi protein

Asupan protein baik untuk mempercepat masa penyembuhan dari infeksi. Tubuh butuh protein untuk menghasilkan sel-sel yang baru dan sehat, serta memperbaiki jaringan tubuh yang rusak akibat peradangan infeksi.

Selain itu, tubuh Anda juga butuh protein untuk menghasilkan enzim, hormon, dan senyawa kimia penting lainnya agar kerja sistem imun serta metabolisme tubuh tetap berjalan baik.

3. Makan makanan rendah serat

Serat adalah nutrisi yang sulit dicerna oleh perut sehingga butuh waktu lama untuk memprosesnya. Sementara itu, penyakit tipes dapat menyebabkan gejala diare yang pada dasarnya sudah memperberat kerja usus mengolah makanan.

Maka jika Anda makan makanan berserat tinggi, artinya Anda semakin memaksa usus bekerja lebih keras. Itu kenapa makan makananan rendah serat adalah cara yang baik untuk mengobati diare akibat sakit tipes.

4. Makan porsi kecil tapi sering

Saat sakit tipes, nafsu makan pasti jadi menurun. Rasa makanan yang masuk ke dalam mulut pun dapat terasa hambar. Maka cara mengakali agar Anda tetap bisa makan selama masih dalam proses mengobati sakit tipes adalah membagi porsinya jadi lebih kecil.

Selain mencukupi kebutuhan kalori, makan dengan porsi yang lebih kecil dari biasanya, tapi lebih sering, bisa mencegah Anda merasa mual karena makan terlalu banyak.

5.  Minum air cukup

Mengonsumsi cairan cukup adalah salah satu cara mengobati dan mencegah komplikasi sakit tipes di rumah. Mencukupi asupan cairan membantu mencegah dehidrasi akibat demam, diare, atau muntah saat tipes menyerang. Sumber cairan tersebut dapat membantu menggantikan air dan kandungan elektrolit yang hilang saat terkena tipes.

6. Istirahat total

Saat terkena tipes, dokter akan menganjurkan Anda untuk cuti kerja atau absen sekolah dulu agar bisa maksimal istirahat di rumah sampai kembali sehat. 

Tidur adalah cara mengobati tipes yang paling ampuh. Tidur punya banyak manfaat, salah satunya dapat membantu memperbaiki sel dan jaringan tubuh yang rusak karena infeksi bakteri Salmonella typhi.

7. Patuh minum obat dari dokter

Meski sakit tipes yang ringan bisa “diobati” dengan istirahat dan makan makan bergizi, Anda tetap harus minum obat dari dokter.

Dokter akan memberikan obat antibiotik untuk melawan infeksi bakteri atau obat penurun panas agar demam menurun. Jika Anda sudah diresepkan obat, dosisnya harus diminum teratur dan dihabiskan sesuai anjuran dokter.

8. Jaga kebersihan diri sendiri

Menjaga kebersihan diri sendiri adalah bagian dari cara mengobati tipes untuk mencegah penyebaran dan penularan penyakit. Anda wajib cuci tangan setelah buang air kecil, buang air besar, dan sebelum serta sesudah menyiapkan makanan dengan air bersih dan sabun. Apabila tidak, Anda sangat mungkin menyebarkan bakteri Salmonella typhi penyebab tipes ke benda sekitar yang Anda sentuh. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani
Sumber : Hello Sehat

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES