Pendidikan

Kembangkan Ekonomi Syariah Internasional, FE UIN Malang Gelar ICONIES

Selasa, 03 September 2019 - 14:19 | 168.62k
International Conference of Islamic Economic and Business (ICONIES) Fakultas Ekonomi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. (Foto: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)
International Conference of Islamic Economic and Business (ICONIES) Fakultas Ekonomi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. (Foto: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Dalam rangka mewujudkan masyarakat yang turut andil dalam pengembangan ekonomi syariah di skala internasional, Fakultas Ekonomi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang kembali menggelar International Conference of Islamic Economic and Business (ICONIES) yang ketujuh di Aula Rektorat lantai 5, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Selasa (3/9/2019). 

Acara ini menghadirkan narasumber dari Malaysia, Libya dan Indonesia, seperti Dr. Mohammad Mahbubi Ali (International Institute of Advanced Islamic Studies (IAIS) Malaysia), Dr. Suliman Hasan Suliman (Arefak University, Libya) dan Prof Dr H M Djakfar (UIN Maulana Malik Ibrahim Malang).

Ketua Panitia Pelaksana Fauzan Almanshur menjelaskan bahwa pihaknya melibatkan banyak pihak termasuk mahasiswa, akademisi dan berbagai lembaga ekonomi syariah.

ICONIES-UIN-Malang-a.jpg

"Selain menambah wawasan lewat ICONIES, juga ada MoU antara Fakultas Ekonomi dengan USIM dan KAN Jabung," katanya dalam keterangan yang diterima TIMES Indonesia

Laporan panitia tercatat sebanyak 600 peserta yang hadir. Angka ini dianggap membludak dari target awal yang hanya 400 peserta. 

"Peserta sangat antusias. Terutama para mahasiswa di kampus Ulul Albab ini. Terima kasih partisipasinya," beber Fauzan.

Di hadapan ratusan peserta yang terdiri dari mahasiswa Universitas Sains Islam Malaysia, mahasiswa UIN Malang dan peserta umum, Wakil Rektor 1 Bidang Akademik Dr. H Zainuddin resmi membuka acara rutin yang digelar setiap tahun itu.

ICONIES-UIN-Malang-b.jpg

Sebelumnya, pra acara diisi oleh penampilan musik dari Sewindu, kemudian penampilan tari tradisional dari Srikandi Hatta.

Dr. Mohammad Mahbubi Ali menyampaikan beberapa poin kepada peserta yang hadir. Ia menjelaskan strategi pengembangan ekonomi syariah di Indonesia.

"Strategi dasar diantaranya adalah peningkatan kesadaran publik, peningkatan kuantitas dan kualitas SDM, penguatan kapasitas riset dan pengembangan (R&D) dan penguatan fatwa, regulasi serta tata kelola," ucapnya.

FE UIN Malang melalui ICONIES selalu getol menggelar seminar internasional dalam rangka melibatkan masyarakat terutama mahasiswa untuk mewujudkan sektor ekonomi syariah di skala nasional maupun internasional. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES