Selasa, 17 September 2019
Kesehatan

Kiat Menjaga Kesehatan Anak Saat di Sekolah

Kiat Menjaga Kesehatan Anak Saat di Sekolah Ilustrasi - Tips Menjaga Kesehatan Anak Saat di Sekolah (FOTO: hellosehat.com)
Sabtu, 31 Agustus 2019 - 05:23

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Saat anak mulai bersekolah, orang tua tidak bisa sepenuhnya mengawasi anak. Salah satu yang dikhawatirkan adalah kesehatan anak. Berada di tengah banyak teman-temannya, anak bisa saja menjadi mudah sakit.

Misalnya, ketika ada teman sekelas si buah hati terserang flu, teman-teman sekelasnya pun cenderung berisiko. Hal ini dikarenakan mereka berada di dekat anak tersebut berada di kelas dan menghirup udara yang sama sehingga saluran pernapasan mereka dapat terinfeksi oleh mikroorganisme yang sama pula. 

Meski anak berisiko tertular flu, Anda bisa lho mencegahnya. Dilansir dari Hello Sehat, berapa hal berikut bisa Anda lakukan agar anak tetap sehat di sekolah.

1. Mencuci tangan

Mencuci tangan adalah hal yang sederhana, tapi suka terlupakan. Padahal, cara ini efektif mencegah penyebaran mikroorganisme yang menempel pada kulit mereka. 

Ingatkan anak Anda agar terbiasa mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan berbagai aktivitas, seperti makan, pergi ke toilet, dan bersin selama 20 detik. Anda juga bisa membawakan anak hand sanitizer ke sekolah. 

2. Rutin sarapan pagi

Seperti yang dilansir dari Healthy Children, sarapan pagi sebelum berangkat sekolah adalah salah satu hal yang dapat membuat anak Anda tetap sehat saat sekolah. Dengan sarapan, anak Anda juga bisa berkonsentrasi lebih baik. 

Banyak anak yang suka melewatkan waktu makan pagi saat hari sekolah karena terburu-buru. Jika tidak ingin anak Anda melewatkan kebaikan dari sarapan pagi, cobalah untuk membuat makanan yang mudah dibawa dan tetap bernutrisi. 

3. Mengajak anak berolahraga

Pada saat masuk usia sekolah, anak cenderung ingin bersantai di akhir pekan karena sudah lelah beraktivitas di hari-hari sebelumnya. Boleh saja membiarkannya bersantai, tapi jangan lupa untuk mengajaknya berolahraga juga. 

Jika mereka terlihat tak tertarik, coba bangkitkan minat anak dengan mengajaknya melakukan kegiatan fisik yang dia sukai. Misalnya, ketika buah hati Anda senang bermain di air, Anda bisa menggunakan hobi mereka itu untuk mengajaknya rutin berenang. 

4. Memperhatikan penggunaan ransel

Sekarang ini, beberapa sekolah menerapkan agar anak membawa buku paket untuk masing-masing pelajaran. Akibatnya, sang buah hati berisiko mempunyai postur tubuh yang buruk dan rentan terhadap cedera punggung dan bahu karena ransel terlalu berat. Agar anak Anda tetap sehat tanpa cedera, perhatikan penggunaan tas pada anak.

5. Tidur cukup

Hampir semua anak kurang suka tidur siang karena mengurangi waktu bermain mereka. Padahal, tidur siang dengan durasi yang tepat bermanfaat bagi anak Anda. Di sisi lain, tidur siang terlalu lama juga akan memengaruhi jam tidurnya di malam hari.

Memiliki waktu tidur yang cukup akan membuat anak Anda dapat mengeluarkan kemampuan terbaik mereka di sekolah tanpa disergap rasa kantuk. 

Anak yang sehat saat sekolah tentu akan membuat orangtua tidak merasa terlalu cemas. Jangan lupa untuk rutin memeriksa kesehatan anak dan jagalah kesehatan diri Anda agar tetap dapat memperhatikan anak Anda. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

Komentar

Registration