Tekno

Gandeng Bluebird, Telkomsel Tingkatkan Penerapan Teknologi IoT

Kamis, 29 Agustus 2019 - 17:36 | 57.33k
Telkomsel menjalin kerja sama Bluebird untuk pengembangan layanan taksi berbasi IoT. (Foto: Telkomsel)
Telkomsel menjalin kerja sama Bluebird untuk pengembangan layanan taksi berbasi IoT. (Foto: Telkomsel)

TIMESINDONESIA, DENPASARTelkomsel terus berkomitmen untuk melakukan akselerasi negeri, dengan terus bergerak maju memperkuat komitmennya dalam melakukan digitalisasi di berbagai industri. Salah satunya melalui penerapan teknologi Internet of Things (IoT), yang bekerja sama dengan Bluebird.

Kolaborasi kerja sama ini dilakukan dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) pada Senin (26/8/2019) lalu di Jakarta.

Direktur Utama Telkomsel Emma Sri Martini mengatakan, Telkomsel bangga dapat menghadirkan solusi inovatif berbasis Internet of Things di industri transportasi bagi Bluebird.

"Implementasi IoT Telkomsel ke dalam ekosistem digital Bluebird merupakan perwujudan komitmen kami dalam mendukung visi Making Indonesia 4.0 dari pemerintah," katanya.

Ia menyampaikan dalam kolaborasinya dengan Bluebird, Telkomsel menghadirkan IoT Control Center, solusi cloud-based yang aman dan terpercaya untuk melakukan manajemen perangkat IoT. IoT Control Center mampu memberikan visibilitas dan keamanan aset perusahaan, menjaga kualitas layanan, memastikan kinerja perangkat selalu optimal, serta memprediksi biaya pengeluaran.

IoT Control Center mampu memperkuat sebuah ekosistem IoT secara menyeluruh melalui berbagai perangkat yang saling terkoneksi di dalam jaringan Bluebird. Salah satunya adalah IoT Bluebird yang akan menjadi solusi pengganti Fleety, sebagai perangkat penghitung argo serta penerima pesanan berbasis jaringan 2G yang selama ini dipakai di armada Bluebird.

Perangkat IoT Bluebird akan didukung oleh jaringan 4G LTE Telkomsel, sebagai perangkat komputer multi-fungsi yang terpasang di semua tipe armada Bluebird lengkap dengan fitur seperti argo meter untuk taksi, pengiriman order penumpang, pelacakan posisi (GPS), komunikasi dengan penumpang dan operator pusat, termasuk pembayaran.

"Perangkat ini juga terhubung langsung dengan kendaraan sehingga mampu membaca data-data vital dari kondisi kendaraan dan mengirimkannya langsung ke sistem aplikasi Bluebird," terangnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Blue Bird Tbk, Noni Purnomo menyampaikan dengan berbagai manfaat yang dihadirkan, pihaknya berharap IoT Bluebird yang didukung oleh layanan Telkomsel ini dapat mengakselerasikan produktivitas dan kinerja sehingga mampu memberikan nilai tambah dalam melayani pelanggan.

"Kami percaya bahwa kolaborasi ini tidak hanya menghasilkan efisiensi di dalam operasional Bluebird, namun juga berdampak positif bagi industri transportasi di Indonesia melalui peningkatan kualitas layanan penumpang, pengemudi dan juga kendaraan,” katanya.

Untuk saat ini, ekosistem IoT di armada Bluebird ditargetkan untuk diimplementasi pada 10.000 unit hingga 31 Desember 2019. Secara keseluruhan potensi armada Bluebird yang mengimplementasikan layanan IoT Control Center Telkomsel mencapai 25.000 taksi, di mana target tersebut akan dicapai pada kuartal II tahun 2020.

Tidak hanya mentransformasi operasional taksi Bluebird menjadi berbasis IoT, Telkomsel turut menyediakan akses khusus yaitu UMB (USSD Menu Browser) khusus bagi pengemudi taksi Bluebird untuk melakukan top-up paket data dari Telkomsel.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Bali

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES