Wisata

Indahnya Wisata Kampung Bunga Grangsil di Kabupaten Malang

Selasa, 27 Agustus 2019 - 22:32 | 578.61k
Suasana wisata Kampung Bunga Grangsil yang baru saja diresmikan. (Foto: Binar Gumilang / TIMES Indonesia)
Suasana wisata Kampung Bunga Grangsil yang baru saja diresmikan. (Foto: Binar Gumilang / TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Bagi wisatawan yang menyukai bunga maupun tanaman, bisa mencoba mengunjungi destinasi wisata baru Kampung Bunga Grangsil yang ada di Desa Jambangan, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang.

Obyek wisata Kampung Bunga Grangsil ini diresmikan Plt Bupati Malang, Drs HM Sanusi MM saat menggelar kegiatan Gema Desa di Dampit, Selasa (27/8/2019).

Untuk menuju tempat wisata tersebut, wisatawan khususnya berasal dari luar daerah maupun pertama kali mengunjungi Dampit, disarankan menggunakan roda dua atau roda empat.

Lantaran letaknya cukup jauh lebih dari 20 kilometer dari Ibu kota Kabupaten Malang, Kepanjen. Bisa menggunakan kendaraan mobil maupun sepeda motor menuju arah Lumajang.

Sesampainya di gapura Batas Kecamatan Dampit, ada petunjuk belok ke kiri menuju Desa Jambangan. Dari situ ditempuh waktu kira-kira 30 menuju obyek wisata Kampung Bunga Grangsil.

Selama perjalanan menuju desa tersebut, pengunjung disuguhkan pemandangan hamparan sawah hijau yang sangat indah. Mendekati obyek wisata itu, pengunjung harus berhati-hati.

Karena akses jalan belum bagus dan menanjak. Namun, kondisi lelah perjalanan jauh menuju tempat tersebut terbayar tuntas, ketika disuguhkan banyaknya bunga berwarna-warni.

Camat Dampit, Eko Wahyu Widodo mengatakan, obyek wisata Kampung Bunga Grangsil Kedepannya bisa menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di kabupaten Malang.

"Untuk wisata Kampung Bunga di Kabupaten Malang, mungkin baru ada di tempat kami," ujarnya kepada TIMES Indonesia.

Dia menjelaskan, mayoritas warganya merupakan petani bunga. "Sehingga, di masing-masing depan rumah warga memang banyak ditanami bunga untuk dijual kembali," ungkap mantan Camat Lawang ini.

Menurutnya, dalam satu pekan, para petani bunga di tempat tersebut mengirimkan hasil pertanian bunga sebanyak dua truk. Sedangkan untuk Pengirimannya, terkoordinir.

"Dikirim ke wilayah Malang Raya dan beberapa daerah di Jawa Timur," jelasnya. Potensi yang ada ini, kata dia, dimanfaatkan untuk dijadikan obyek wisata ikonik berupa kampung bunga.

"Sebenarnya, pusat pertanian bunga ada di tempat ini. Mayoritas bunga yang dijual di Kota Malang ya dari tempat kami ini," tuturnya.

Dia menyebut di Kampung Bunga Grangsil ini banyak spot swa foto yang memanjakan wisatawan. "Selain itu, wisatawan bisa belajar menanam bunga di tempat ini," imbuhnya.

Eko berharap, dengan diresmikannya obyek wisata Kampung Bunga Grangsil ini ke depan dapat menjadi obyek wisata unggulan di Kabupaten Malang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES