Peristiwa Internasional

Forum Haji ASEAN akan Dibentuk Bulan September Mendatang

Selasa, 27 Agustus 2019 - 07:24 | 56.74k
Para konsul haji se Asean yang akan menggelar pertemuan malam ini.  (FOTO: Istimewa)
Para konsul haji se Asean yang akan menggelar pertemuan malam ini. (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTAForum Haji ASEAN akan dibentuk dalam rangka menyamakan persepsi terkait kebijakan-kebijakan dari Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi, serta Muassasah Asia Tenggara

Para konsul haji se ASEAN akan menggelar pertemuan di Jeddah. Pertemuan dihadiri konsul haji Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei, dan Thailand. Tampak hadir juga konsul haji dari Sri Langka. 

Konsul Haji Indonesia Endang Djumali mengatakan, pertemuan yang difasilitasi Muassasah Asia Tenggara ini  membahas evaluasi operasional haji 2019 sekaligus mematangkan rencana pembentukan forum haji ASEAN itum

"Pertemuan ini sangat penting untuk saling tukar informasi terkait evaluasi operasional haji se-ASEAN karena sama-sama berada dalam satu Komando Muassasah Asia Tenggara. Sehingga, informasi dari masing-masing negara ASEAN menjadi penting untuk langkah perbaikan kedepan," ujarnya di Jeddah, Senin (26/8/2019). 

Pembentukan forum Haji se-ASEAN, menurut Endang Djumali sangat penting dan strategis. Tujuannya adalah untuk menyamakan persepsi khususnya terkait kebijakan-kebijakan dari Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi, serta Muassasah Asia Tenggara. 

"Melalui forum itu, diharapkan tidak ada lagi perbedaan layanan kepada jemaah haji se-ASEAN, termasuk Indonesia," tuturnya. 

"Ke Depan,  Forum ini juga akan melakukan kegiatan yang bersifat educational seperti seminar, focus group discussion, dan penelitian bersama terkait penyelenggaraan haji dan umrah," tambahnya. 

Forum Haji ASEAN ini rencananya akan dibentuk bulan September mendatang dalam rangka menyamakan persepsi terkait kebijakan-kebijakan dari Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi, serta Muassasah Asia Tenggara. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES