Politik

Hasanuddin Wahid Didapuk Sebagai Sekjen PKB Periode 2019-2024

Senin, 26 Agustus 2019 - 21:39 | 98.04k
Muktamar PKB (FOTO: Hasbullah/TIMES Indonesia)
Muktamar PKB (FOTO: Hasbullah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar alias Gus Imin menunjuk Hasanuddin Wahid sebagai Sekjen PKB periode 2019-2024. Hasanuddin sebelumnya menjabat Wakil Sekretaris Jenderal.

"Sekjen PKB Hasanuddin Wahid," ujar Wakil Ketua Umum DPP PKB Ida Fauziah mewakili Gus Imin di kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Senin (26/8/2019).

Nama Hasanuddin ini di luar prediksi yang sebelumnya dibahas dalam rapat bersama para kiai Dewan Syuro PKB, tiga hari belakangan. 

Wasekjen DPP PKB Demisioner, Ahmad Iman sempat mengatakan ada lima nama kandidat muncul sebagai calon Sekjen PKB, yakni; Ida Fauziah, Syaiful Huda, Jazilul Fawaid, Faisol Reza, dan Hanif Dhakiri. 

Sebelumnya, Gus Imin sempat berencana menghapus struktur Sekjen di DPP PKB. Namun, rencana itu urung dilakukan karena terbentur dengan nomenklatur Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2011 tentang Partai Politik yang mengharuskan adanya sekjen dalam kepengurusan partai politik.

Kendati tidak dihapus, Ahmad Iman menyebut, kewenangan Sekjen akan berbeda dari sebelumnya. Jika Sekjen partai pada umumnya melaksanakan fungsi koordinasi dengan pihak eksternal dan pengawasan organisasi, maka kewenangan Sekjen PKB dipotong hanya mengurusi internal partai saja.

Menurut Iman, Sekjen PKB periode lima tahun mendatang akan disibukkan soal penataan organisasi, mulai dari strukturisasi, digitalisasi hingga menciptakan dan memperkuat sistem kaderisasi. 

"Sekjen periode mendatang lebih ke internal, tidak terlalu politis untuk eksternal. PKB ingin fokus menjadi partai kader." ujar Iman. Sementara, Sekjen PKB terpilih untuk periode 2019-2024 sendiri dijabat Hasanuddin Wahid. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES